UNSOED Menduniakan Batik Banyumas

0 217

UNSOED Menduniakan Batik Banyumas

Rektor dari Unsoed Dr. Ir. Achmad Iqbal, Msc mengatakan, Batik Banyumas harus bisa menjadi primadona pariwisata. Dengan demikian orang yang datang ke daerah ini ketika pulang akan membawa oleh-oleh batik. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Fakultas Ilmu Budaya Unsoed dan Pemerintah Kabupaten Banyumas. “Batik Banyumasan mempunyai motif dan warna khas yang tidak dimiliki dareah lain,” ujar dia dalam acara workshop bertajuk Batik Banyumas, The Cultural Heritage Innovation and Future yang berlangsung di pendapa Kabupaten Banyumas.

Batik mengandung makna filosofis mendalam, serta begitu kaya dan beragam di tiap-tiap wilayah di nusantara, termasuk Banyumas adalah salah satunya. Workshop yang dibuka Bupati Banyumas, Ahmad Husein itu menghadirkan pembicara ahli batik dari University of Fukui, yakni Prof Susumo Yonezawa, Prof Shin Shin Ichirou Suge dan Prof Kouji Nakane. Ada empat hal penting terkait dalam peningkatan eksistensi batik secara konkrit, yakni memilih material tekstil terbaik, pewarnaan berbasis riset sehingga menghasilkan kualitas warna terbaik dengan harga murah, kreasi penggunaan warna baru untuk memperluas ragam, serta inovasi dalam teknologi pengganti canting untuk mempercepat produksi.

Workshop yang dihadiri akademisi Unsoed, serta perajin dan pengusaha batik Banyumas ini mengulas tentang pewarnaan batik Banyumas. Materi pewarnaan tekstil berbasis teknologi serta insiasi untuk membangun kerja sama industri. Prof Susumo Yonezawa dalam kegiatan workshop, menayangkan visualisasi tentang inisiasi batik Banyumas yang telah dilaksanakan oleh sejumlah dosen Unsoed di negeri Sakura. Dalam acara itu juga mahasiswi asal Jepang, Hitomi yang tengah mengikuti pertukaran mahasiswa di Unsoed memperagakan busana batik dan kebaya Banyumasan.

Source http://batikazizah.com/baju-batik/ http://batikazizah.com/baju-batik/unsoed-menduniakan-batik-banyumas/
Comments
Loading...