Uniknya Motif-Motif Batik Pratiwi Krajan Khas Cepu

0 20

Uniknya Motif-Motif Batik Pratiwi Krajan Khas Cepu

Bagi pecinta batik, jangan sampai lewatkan koleksi Batik Pratiwi Krajan. Motif batik yang juga terkenal dengan Batik Jatiku ini menggambarkan berbagai bagian dari pohon jati mulai dari tunas, daun, batang, ranting, sampai kambium atau lingkaran pada batang.

Batik Pratiwi Krajan ini sendiri dibuat oleh kelompok kerja batikkontemporer asal Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kecamatan Blora.

Tak heran, pohon jati yang menjadi inspirasi adalah salah satu komoditas dagang utama di Cepu, bahkan telah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual sejak 2016.

Selain motif yang idenya bersumber dari pohon jati, batik khas Cepu ini juga memiliki motif lain yang unik.

Salah satunya, adalah motif ganja, seperti yang disebutkan oleh Pancasunu Puspitosari sang pemilik Batik Pratiwi Krajan.

Awalnya, motif batik yang tak biasa ini dipesan oleh seorang dokter asal Surabaya, lantas diminati oleh banyak orang sehingga tetap diproduksi.

Tak sekali ini saja ia menerima pesanan membuat motif tak biasa yang akhirnya juga menjadi diminati orang lain.

Nunu, panggilan akrabnya, pernah mendapat pesanan batik bermotif gigi dari seorang dokter gigi asal Kalimantan, batik motif sate, yang kemudian menjadi motif khas dan unik Batik Pratiwi Krajan.

Di balik motif yang kreatif ini ada sosok suami Nunu yaitu Sulasno, yang menjadi otaknya.

Telah lebih dari 200 motif ia hasilkan, termasuk motif yang sudah dipatenkan serta motif pompa angguk kuno atau pumpjack yang merupakan simbol nol kilometer Kota Cepu sebagai Kota Minyak.

Sulasno sendiri mengaku inspirasi mendesain muncul saat ia berjalan-jalan keliling kota, belajar motif batik tradisional dan pakemnya, yang kemudian ia kembangkan dan eksplorasi.

Batik Pratiwi Krajan terus berkembang, dengan didukung oleh program CSR dari PT Pertaminan EP (PEP) Asset 4 Field, Cepu. Sejak 2014, PEP telah melihat potensi Batik Pratiwi Krajan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar.

Source http://nova.grid.id http://nova.grid.id/read/051252403/uniknya-motif-motif-batik-pratiwi-krajan-khas-cepu-ini-koleksi-yuk?page=all
Comments
Loading...