Uniknya Gaya Tak Terduga Batik Jumputan Jogja

0 346

Uniknya Gaya Tak Terduga Batik Jumputan Jogja

Perkembangan batik terus berinovasi, salah satunya batik jumputan. Batik jumputan Jogja adalah salah satu yang menambah pesona batik Indonesia. Batik Jumputan Jogja merupakan batik yang dihasilkan para pengrajin dengan teknik yang berbeda dengan umumnya batik. Jika umumnya batik dilukis dengan malam atau dicetak sehingga menghasilkan berlembar-lembar kain dengan corak yang sama, batik jumputan Jogja diciptakan dengan cara yang sama sekali lain.

Batik Jumputan Jogja dihasilkan dengan teknik jumputan yakni membuat ikatan-ikatan pada kain yang akan digunakan lalu dicelup pada cairan pewarna. Ikatan-ikatan itu akan membentuk bagian kain yang tidak menyerap warna ketika dicelup.  Teknik ini dilakukan pada beberapa warna terpilih sekaligus sehingga tercipta paduan warna yang sangat memesona. Tak hanya warna yang memesona tetapi ekslusivitasnya.

Dengan teknik ini kain jumputan tidak bisa dibuat sama persis bahkan meski dengan corak dan warna yang sama. Selalu ada pola yang berbeda, sehingga sentuhan manusia sangat terasa pada batik seperti ini sebagaimana batik tulis. Karena teknik itu pula batik jumputan Jogja memiliki standar harga yang berbeda dibanding batik biasa. Umumnya batik jumputan Jogja dijual pada harga Rp. 200 ribuan ke atas, sesuai dengan tingkat kerumitan, corak dan bahan pewarnanya. Penggunaan pewarna sintetis akan membuat harga lebih murah.

Source https://berdesa.wordpress.com/ https://berdesa.wordpress.com/2016/10/06/uniknya-gaya-tak-terduga-batik-jumputan-jogja/ https://usahadesa.com/produk
Comments
Loading...