Uniknya Batik Garutan yang Jauh dari Kesan Kuno

0 273

Batik Garutan

Zaman dulu memakai batik masih terkesan kuno dan dewasa tapi tidak modern, teatpi zaman sekarang orang tidak merasa bahwa memakai batik dikatakan kuno karena batik sudah berkembang dan memiliki banyak motif dari masing-masing daerah. Sekarang pengrajin batik banyak inovasi motif dan warna sehingga matching dengan selera para remaja, bahkan para desainer pun berlomba-lomba menciptakan desain baju batik yang terkesan chic dan modern. Sekarang justru makin bangga mengenakannya karena rasa nasionalisme. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik modernnya adalah Garut.

Batik Garut sudah berkembang sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia tahun 1945, secara turun-temurun. Batik Tulis Garutan memiliki ciri khas dominasi warnanya yang cerah, terang, dan beragam. Warna ini mengungkapkan kebahagiaan seperti warna gumading (putih gading), biru, merah, hijau, coklat kekuningan, ungu, merah muda (kayas), ungu muda (gandaria), dan kasumba. Sebenarnya ada warna sogan (coklat), seperti pada batik di Solo atau Yogyakarta. Perbedaannya, warna sogannya coklat muda kekuningan, ciri khas yang kuat dari batik Garut. Berbeda dengan batik Solo atau Yogyakarta yang syarat dengan makna filosofis, motif batik Garut lebih ditekankan pada segi visual. Umumnya bentuk motif Batik Garutan merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya dan adat istiadat orang Sunda, khususnya di Garut, serta pola flora dan fauna.

Ada juga motif Batik ragam hias datar, bentuk-bentuk geometrik yang mengarah secara diagonal, seperti kawung atau belah ketupat. Beberapa motif khas Garutan misalnya yang tergambar dalam motif Rereng Pacul, Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Cupat Manggu, Bilik, dan Sapu Jagat, yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Motif Batik Garutan yang paling khas dan sudah turun temurun adalah motif burung Merak Ngibing dan bulu ayam. Atau saat ini banyak motif domba Garut.

Source Uniknya Batik Garutan yang Jauh dari Kesan Kuno Batik Garutan
Comments
Loading...