UNESCO Luncurkan Showroom Batik di Sekitar Candi

0 45

UNESCO Luncurkan Showroom Batik di Sekitar Candi

United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) meluncurkan empat showroom batik Rumah Jumputan Candi Ijo, Candi Sojiwan, Batik Dewi Wanu, dan Batik Borobudur, pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2017. Showroom batik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Candi Ijo, Candi Sojiwan, dan Candi Borobudur. Showroom batik Rumah Jumputan Candi Ijo ini terletak 200 meter dari Tebing Breksi, arah Candi Ijo Nomor 26, RT 003/RW 018, Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Showroom Batik Sojiwan berada di Ruko Seberang Candi Sojiwan, Dukuh Bero RT 02/RW 06, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Sedang showroom Batik Dewi Wanu berada di Dusun Barepan RT 01/RW 05, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Showroom Batik Borobudur berada di Jalan Badrawati RT 03, Ngaran 1 Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Menurut pernyataan Bernards Alens Zako, Head of Culture Unit Unesco Jakarta pada saat pembukaan showroom batik merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat di sekitar Situs Warisan Dunia Unesco (Candi Borobudur dan Prambanan). Mereka telah diberikan pembinaan untuk menciptakan industri kreatif dan dampingan bisnis. Showroom batik ini bisa untuk memajang produk, promosi dan penjualan.

Hasil gambar untuk UNESCO Luncurkan Showroom Batik di Sekitar Candi

Sementara Wahyu Hariadi, perwakilan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Klaten mengatakan saat ini ada 200 perajin batik di Kabupaten Klaten. Wahyu menyambut baik adanya pembinaan batik bagi warga di sekitar Candi Sojiwan yang dilakukan Unesco. Namun Wahyu mengkhawatirkan keberlanjutan usaha batik setelah tidak lagi didampingi Unesco. Karena itu, Wahyu mengharapkan agar kelompok bisa memelihara showroom agar bisa menjadi tempat penjualan batik dan bisa meningkatkan kesejahteraan perajin.

Source http://www.jognews.com/ http://www.jognews.com/bisnis/363-unesco-luncurkan-showroom-batik-di-sekitar-candi
Comments
Loading...