UKM Tenun dan Batik Jatim Gelar Pameran Tingkat Nasional

0 147

UKM Tenun dan Batik Jatim Gelar Pameran Tingkat Nasional

Pameran yang akan digelar pada tanggal 4-8 Mei 2016 yang bertempat di Grand Ballrom Dyandra Covention Center, Surabaya banyak sejumlah pengusaha tenun dan batik asal Jawa Timur bakal mengikuti pameran tingkat nasional bertema “Tenun, Craft dan Batik Nusantara”.

Direktur CV Vigar Abadi Cemerlang Andi Eka Syahputra mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tema itu agar pemerintah memperhatikan industri kerajinan tenun dan batik di Indonesia. Batik merupakan warisan budaya nusantara yang harus dijaga dan dilestarikan. Tujuan dari diadakan pameran ini karena berharap pemerintah dapat memperhatikan UKM yang ada di seluruh wilayah Jawa Timur, khususnya kerajinan tenun dan batik.

Ide untuk menggelar pameran batik itu memang tercetus sejak setahun lalu yang berawal ketika Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri ingin menghidupkan kampung tenun yang ada di daerahnya. Pihaknya berharap dengan terselenggaranya pameran itu nantinya bisa menggugah kesadaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih mencintai produk lokal. Warisan budaya berupa kain tenun dan batik itu harus dijaga agar tidak dicuri negara lain.

Dalam pameran tersebut juga menargetkan transaksi mencapai Rp 3 miliar, baik dari pembeli lokal di Jawa Timur, luar pulau bahkan skala internasional. Ia menambahkan, sampai saat ini dari 160 stan yang tersedia sudah 60 persen yang terisi. Peserta pameran tenun dan batik tersebut tak hanya berasal dari Jawa Timur saja, namun juga diikuti oleh sejumlah pengusaha dari beberapa daerah seperti Solo, Jakarta, Cirebon dan Lasem. Mereka ada yang ikut secara mandiri dan bekerjasama dengan instansi pemerintah seperti BUMN, BUMD serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) se-Indonesia.

Source UKM Tenun dan Batik Jatim Gelar Pameran Tingkat Nasional Batik
Comments
Loading...