Uke Kurniawan Giat Perkenalkan Batik Banten

0 22

Uke Kurniawan Giat Perkenalkan Batik Banten

Batik adalah kerajinan yang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak dahulu. Ternyata Banten juga mempunyai batik khasnya tersendiri? Salah satu batik khas Banten yang populer yaitu batik yang dikembangkan dan diproduksi oleh Uke Kurniawan, yaitu ‘Batik Banten’.

Batik Banten merupakan satu-satunya batik yang motifnya berasal dari sejarah. Jika motif batik khas daerah lain diciptakan oleh sang pemilik berdasarkan inspirasi pribadi, maka Batik Banten mempunyai motif yang merupakan gabungan dari 75 ragam hias hasil temuan arkeolog selama penelitian arkeologi di situs Banten Lama.

Dari 75 ragam hias khas Banten tersebut, Uke kemudian memutuskan untuk mentransformasi peninggalan sejarah tersebut ke media kain katun dan sutra yang disebut ‘Batik Banten’, itulah mengapa Batik Banten disebut sebagai hasil rekonstruksi sejarah Banten.

“Dalam satu motif Batik Banten, terdapat dua sampai lima gabungan ragam hias yang saya tuangkan.” kata pendiri Batik Banten, Uke Kurniawan yang di temui di Sentra Industri dan Pelatihan Batik Banten, baru-baru ini.

Pada tahun 2003, Batik Banten mengajukan hak paten atas motifnya yang membuat Batik Banten menjadi batik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang motifnya telah dipatenkan. Sampai saat ini Batik Banten telah mematenkan 60 motifnya. Memang motif adalah keunggulan yang paling membanggakan dan paling membedakan Batik Banten dengan batik daerah lain.

Pada pengkajian motif tingkat internasional di Singapura dan Malaysia yang dihadiri 62 negara, salah satu motif Batik Banten yaitu motif datulaya mendapatkan sertifikasi motif batik terbaik di dunia. Datulaya sendiri merupakan nama suatu tempat atau ruang keluarga di tempat tinggal Sultan Maulana Hasanudin di Kesultanan Banten.

Pemilihan warna untuk batik Banten juga tidak sembarangan, Uke mengungkapkan bahwa Batik Banten didominasi warna abu-abu muda sebagai dasarnya untuk menggambarkan karakter orang Banten yang keras tapi sederhana dan disegani.

Butuh perjalanan panjang bagi Batik Banten untuk dilahirkan dan diakui, sampai saat ini pun Batik Banten terus melakukan sosialisasi agar lebih dikenali masyarakat.

“Saya berharap masyarakat Indonesia khususnya Banten bisa lebih mengenal dan peduli akan sejarah yang berhubungan dengan Banten” tambahnya.

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2018/10/10/uke-kurniawan-giat-perkenalkan-batik-banten/
Comments
Loading...