Tutupi Tunggakan, Penghuni Rusun Pulogebang Diberdayakan Membuat Batik

0 23

Tutupi Tunggakan, Penghuni Rusun Pulogebang Diberdayakan Membuat Batik

JKT Creative, sebuah perusahaan retail pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan ekonomi kreatif mengajak sejumlah penghuni Rusun Pulogebang memproduksi batik. Co-Founder JKT Creative Iwet Ramadhan berharap, para penghuni rusun dapat memperoleh penghasilan tambahan lewat kegiatan tersebut.

Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan JKT Creative, lanjutnya, mencakup hulu hingga hilir. Artinya, warga tidak hanya diberi pelatihan membatik, tetapi juga disediakan saluran distribusi dan promosi.  Untuk pelatihan membatik, terdapat tiga pemandu yang akan membantu para penghuni.

Pelatihannya mulai dari membuat sketsa, memberi warna, hingga pelorotan. Penjualan batik karya warga akan dilakukan melalui JKT Creative. Nantinya, perusahaan itu akan membeli batik buatan penghuni yang dinilai sesuai standar kualitas sebelum dijual ke pasar yang lebih luas.

Berkembang pesat

Iwet menuturkan, kegiatan tersebut baru berjalan selama dua pekan terakhir. Dalam dua pekan, ia mengumpulkan 30 penghuni yang rajin mengikuti kegiatan membatik tiga kali seminggu. Selama itu pula, sudah ada 10 penghuni yang sudah mahir membatik. Risma (39) merupakan 1 dari 10 orang tersebut Perempuan berdarah Bugis itu mengaku belum mengenal batik sebelum mengikuti pelatihan di Rusun Pulogebang. Iwet berharap, penghuni rusun kelak dapat hidup mandiri lewat kegiatan membatik.

Source https://kilasdaerah.kompas.com/ https://kilasdaerah.kompas.com/sulawesi-utara/read/2018/03/27/22160831/tutupi-tunggakan-penghuni-rusun-pulogebang-diberdayakan-membuat-batik
Comments
Loading...