Transformasi Batik Sebagai Produk Kreatif

0 40

Transformasi Batik Sebagai Produk Kreatif

Pada tahun 1970-an, Batik Indonesia sempat diunggulkan sebagai busana resmi di Indonesia oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Para pegawai lelaki di kantor pemerintahan DKI Jakarta diwajibkan mengenakan kemeja batik berlengan panjang saat menghadiri acara resmi untuk menggantikan busana sipil lengkap ataupun jas yang biasa dikenakan pada acara resmi tertentu.

Perkembangan industri batik yang sangat pesat di Indonesia tidak hanya terbatas menghasilkan produk sandang saja. Kini batik telah bertransformasi menjadi produk lainnya untuk berbagai aplikasi keperluan diantaranya sebagai:

  • Sandang: berupa busana tradisional, kain panjang, sarung, kerudung, selendang, ikat kepala, busana utama ataupun kemben.
  • Busana modern: rok, bahan untuk kain, gaun, scarf, dasi, saputangan, T-shirt, dompet, tas dan sandal
  • Bahan kebutuhan rumah tangga: serbet, alas piring, taplak meja, sarung bantal dan seprai
  • Pelengkap interior: gorden, bedcover
  • Elemen estetis: lukisan, hiasan dinding, map dan lainnya
  • Seni kriya: patchwork, kartu bergambar dan lainnya

Melihat geliat industri batik yang semakin berkembang, dipacu oleh daya beli masyarakat yang semakin tinggi untuk belanja batik kian mendorong roda ekonomi yang disumbangkan oleh industri kreatif terhadap pendapatan nasional. Di dalam negeri, industri batik dapat ditemukan di berbagai daerah baik di Jawa maupun di luar Jawa, baik dalam skala industri rumah tangga, industri kecil, menengah maupun besar. Perdagangan dan jual beli batik pun dapat ditemukan di setiap tempat, dari toko batik di pasar tradisional, butik batik elit hingga toko batik online yang memudahkan masyarakat untuk berbatik.

Source http://permanarikie.blogspot.co.id/ http://permanarikie.blogspot.co.id/2013/01/indonesia-kreatif-indonesia-berbatik.html
Comments
Loading...