infobatik.id

Tradisi Batik Madura

0 102

Tradisi Batik Madura

Pulau Madura terkenal dengan produk batik tulis yang telah menjadi budaya dan juga menjadi warisan turun temurun dalam keluarga di daerah tersebut. Seni batik yang dibuat oleh masyarakat Madura ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan membuat kain batik khas Madura ini banyak mendapatkan perhatian dan peminat dari berbagai kalangan konsumen baik itu di Indonesia maupun yang berasal dari negara lain. Motif batik khas Madura ini memiliki ciri dan bentuk yang sangat khas sehingga memiliki pasar tersendiri dalam seni dan industri batik Indonesia. Batik yang dikenal selama ini telah menjadi busana yang semakin lama semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Perubahan perilaku konsumen batik yang dulu hanya memakai batik ke acara resmi seperti pernikahan telah terlihat sangat jelas.

Batik sekarang telah memiliki bentuk desain yang sangat berbeda dan banyak di padu padan kan dengan berbagai macam jenis kain. Beberapa perancang busana terkenal Indonesia bahkan memanfaatkan kain batik sebagai bahan utama dalam rancangan baju batik mereka. Hal ini menambah daya jual batik di kalangan masyarakat sehingga batik telah menjadi pakaian yang modis dan dapat dipakai dalam berbagai kesempatan, baik itu santai maupun resmi. Batik khas dari Madura yang banyak di temui di daerah Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan juga beberapa daerah lainnya ini memiliki corak yang sangat kaya dan menggunakan warna yang beragam serta saat ini telah beragam jenis motif nya. Hal ini telah berubah dari ketika zaman dahulu kain batik Madura hanya memiliki beberapa warna seperti merah, hitam dan juga warna hijau.

Batik dari Madura ini telah banyak menggunakan warna yang beragam dan membuat pilihan akan baju batik menjadi semakin banyak. Batik di daerah Madura ini telah menjadi sebuah industri kecil yang sangat di bangga kan oleh penduduknya. Hal ini disebabkan karena batik merupakan kebudayaan dan juga tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Madura itu sendiri. Perkembangan industri batik di daerah Madura ini terus mendapatkan dukungan dari masyarakatnya sehingga dapat berkembang dengan baik.

Source http://indofashion.wikidot.com/ http://indofashion.wikidot.com/blog:80
Comments
Loading...