Tradisi Batik Dalam Keluarga Jawa

0 175

Tradisi Batik Dalam Keluarga Jawa

Kebudayaan dimiliki oleh suatu bangsa merupakan sebuah hal yang harus di banggakan oleh para penduduk dan juga bangsa negara tersebut. Bangsa Indonesia memiliki sebuah tradisi yang sudah memiliki umur sangat lama dan hingga saat ini masih bertahan dan bahkan tradisi ini terus berkembang sesuai dengan keinginan masyarakat. Tradisi yang dimaksud di atas adalah tradisi yang disebut dengan batik. Kesenian membuat batik ini pada awalnya adalah sebuah kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Jawa terutama Kerajaan Jawa.

Awal perkembangan batik, kesenian ini adalah sebuah kesenian yang menjadi rahasia Keraton dan ilmu pembuatan batik ini tidak dimiliki oleh sembarangan orang. Kesenian membuat batik pada waktu itu hanya dapat dipelajari oleh para abdi dalem keraton dan juga kerabat yang ada di dalam keraton.

Perubahan zaman dan juga berbagai macam perubahan lain yang terjadi membuat kesenian membuat batik ini kemudian dapat dipelajari oleh masyarakat umum dan kemudian menjadi sebuah budaya yang dimiliki oleh suku Jawa. Tradisi membuat batik ini dalam keluarga Jawa pada zaman dahulu akan diturunkan secara garis kekeluargaan dari seorang ibu kepada putrinya. Motif yang dibuat oleh para seniman batik ini, zaman dahulu dapat dengan mudah diketahui berasal dari manakah motif itu dibuat. Setiap keluarga pembatik memiliki ciri motif yang khas yang membuat motif buatan mereka dapat dikenali.

Seiring dengan perubahan zaman dan juga peningkatan permintaan akan batik membuat saat ini batik tidak hanya dapat dibuat dalam keluarga saja, tetapi telah menjadi sebuah industri yang menyerap puluhan ribu tenaga kerja dan menjadi sumber penghasilan bagi ribuan pengusaha batik yang tersebar di seluruh nusantara.

Source Tradisi Batik Dalam Keluarga Jawa Batik
Comments
Loading...