Tokoh Wayang Dalam Batik

0 99

Tokoh Wayang Dalam Batik

Batik memiliki beragam macam dan jenis yang menjadi motif yang ada pada permukaan kainnya. Salah satu kumpulan motif yang cukup terkenal adalah baju batik motif keraton. Pada umumnya seniman yang membuat batik dengan Motif Keraton ini adalah putra dan putri yang berasal dari keraton. Batik Keraton ini sering dianggap sebagai asal usul dari segala jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motif batik ini bersifat eksklusif sehingga tidak diperkenankan untuk digunakan oleh orang orang biasa.

Ada Motif Batik Sekar Jagad, yang berasal dari bahasa jawa yaitu sekar yang berarti peta dan jagad yang berarti dunia. Motif Batik ini menggambarkan keanekaragaman dunia. Motif Batik ini mengandung nilai keindahan dan kecantikan. Dalam dunia wayang dikenal istilah Pringgondani yang merupakan tempat tinggal Gatotkaca, seorang tokoh wayang yang memiliki kesaktian tingkat tinggi dengan otot kawat dan tulang besi. Motif Batik ada juga yang disebut dengan Motif Batik Pringgodani. Motif Batik ini biasa dibuat dengan warna biru nila dan juga soga kecoklatan serta saluran saluran kecil dengan selingan Motif Naga.

Motif Batik Kawung mirip dengan buah kawung, berbentuk bulat akan lonjong, yang disusun secara teratur sehingga mempunyai pola geometris. Rangkaian motif ini dianggap pula sebagai bunga teratai dengan empat lembar mahkota bunga yang merekah. Teratai melambangkan umur panjang dan kesucian. Berbagai baju batik dengan berbagai macam motif ini semua merupakan warisan luhur budaya bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan dilestarikan.

Source Tokoh Wayang Dalam Batik Batik
Comments
Loading...