infobatik.id

Titik Malam Pada Batik

0 40

Titik Malam Pada Batik

Batik bukan lagi sebuah kata yang menerangkan tentang sekumpulan titik tetapi telah berubah menjadi sebuah kata yang menunjuk kepada selembar kain yang memiliki motif dan juga pola yang terdapat pada permukaan kain yang proses pembuatan nya dilakukan dengan cara batik. Proses pembuatan batik ini memanfaatkan lilin malam yang di tetes kan pada permukaan kain secara berulang kali. Proses pemberian lilin malam ini memiliki fungsi untuk menjadi penahan pada warna agar tidak meresap pada bagian tertentu di kain tersebut.

Proses dilakukan oleh para seniman batik untuk memberikan jenis warna yang berbeda pada beberapa bagian tertentu pada kain. Proses pemberian warna pada batik yang menggunakan teknik celup ini membuat beberapa bagian tertentu pada permukaan kain perlu dilindungi agar dapat menciptakan beberapa jenis warna yang membuat kain batik tersebut menjadi lebih indah. Alat yang dipakai untuk membubuhkan lilin malam tersebut adalah canting. Alat ini dipakai untuk membuat titik lilin malam pada permukaan kain. Canting ini memiliki beberapa jenis tergantung dari besarnya lubang yang ada pada bagian ujungnya.

Titik yang besarnya berbeda dibutuhkan untuk membuat berbagai macam pola yang berbeda pula. Pola batik yang berbagai macam dan juga memiliki bentuk garis yang berbagai macam mulai dari yang besar hingga yang kecil ini membuat dibutuhkan banyak jenis canting untuk dapat membuat satu lembar kain batik. Canting menjadi alat yang sangat penting dalam pembuatan batik tulis, selain itu keahlian dari seniman batik dalam memegang dan membubuhkan canting pada permukaan kain juga menjadi nilai tersendiri pada hasil akhir dari kain batik tulis tersebut. Seni membuat batik ini telah menjadi tradisi turun temurun dalam masyarakat Jawa dan ini lah yang membuat kain batik memiliki cerita sejarah yang panjang dan juga menjadi sebuah tradisi dan juga budaya yang perlu dilestarikan.

Source Titik Malam Pada Batik Batik
Comments
Loading...