Tips Merawat Batik Denim

0 145

Tips Merawat Batik Denim

Banyak orang yang tentu masih asing dan bahkan belum pernah melihat bentuk seperti apa yang disebut batik denim. Batik denim yaitu batik yang menggabungkan unsur  tradisional dengan kain denim sebagai unsur paduan modern, modelnya tetap casual, namun corak batiknya tetap kuat. Batik Denim ini dapat digunakan di berbagai macam fashion item seperti tas, baju, sepatu, dan sebagainya.

Beberapa tips secara umum agar batik denim yang digunakan bisa lebih awet antara lain :

  • Sebelum merendam atau mencuci, pisahkan pakaian Batik Denim dari baju dengan jenis bahan lain, seperti katun atau chiffon. Kemudian rendam dan cuci menggunakan air hangat, agar kotoran yang melekat mudah hilang. Ingat, jangan menggunakan bahan kimia seperti pemutih, karena bisa membuat warnanya pudar dan mencuci bahan denim dengan batik terlalu sering, bisa mengubah bentuk dan warnanya. Sebaiknya cuci setelah 2 kali pakai, kecuali jika terkena noda atau kotoran.
  • Setelah prses mencuci selesai jangan menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.
  • Hindari menyetrika dengan suhu yang terlalu panas karena bisa merusak serat-serat denim dan menimbulkan noda putih. Sebaiknya atur suhu pada 60º celcius. Jika menyetrika Batik Denim semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, barulah diseterika atau dengan cara membalikkan sisi dalamnya ke luar serta jangan menyetrika Batik Denim dalam keadaan lembab, karena bisa menimbulkan jamur berwarna biru yang membuat bahan Batik Denim cepat lapuk.
  • Terakhir sebaiknya Batik Denim disimpan dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menghindari munculnya garis bekas lipatan.

Untuk dapat tampil trendi dengan busana casual Batik Denim, yang menonjolkan batik yang dibuat diatas media denim dengan menggunakan teknik batik tradisional Indonesia sebagai ciri khasnya. Desain ini terus dikembangkan mengikuti trend, termasuk pakaian santai dan formal dengan tema kehidupan kaum urban, yang berarti kota yang penuh dengan pembaharuan berbagai budaya. Tidak perlu bingung lagi kalau mau pakai batik ke berbagai acara, Batik Denim bisa jadi pilihan yang fashionable untuk penampilan kita.

Source Tips Merawat Batik Denim Batik
Comments
Loading...