Tips Menyimpan Batik Kuno Agar Tak Cepat Rusak

0 32

Tips Menyimpan Batik Kuno Agar Tak Cepat Rusak

Mengoleksi batik kuno adalah salah satu cara untuk melestarikan warisan budaya ini. Namun, menyimpannya butuh perhatian khusus mengingat kondisi kain yang rentan. Salah satu cara yang disarankan yakni menyimpannya di ruang ber-AC. Dijelaskan kolektor batik kuno Hartono Sumarsono, iklim Indonesia yang cenderung berlembap adalah musuh utama batik.

Iklim yang lembap dapat memicu jamur sehingga kain melembek dan semakin rentan rusak. “Menyimpannya di lemari di ruangan ber-AC akan menjaga kain tetap kering,” kata Hartono beberapa waktu lalu. Pendingin udara, lanjut Hartono, sebaiknya harus menyala selama 24 jam dengan suhu antara 20-23 derajat Celcius. Konsekuensinya, pemakaian listrik lebih boros dan berisiko membuat tagihan listrik membengkak.

Jika Anda kolektor batik kuno yang keberatan dengan cara tersebut, penyimpanan dengan cara tradisional dapat menjadi opsi. Pria yang memiliki koleksi batik mulai dari 1800-an itu menganjurkan pemakaian lada dan akar wangi. Aroma keduanya diklaim bisa mengusir ngengat yang dapat merusak batik. “Campur keduanya di dalam kain kasa, lalu taruh di dalam lemari batik Anda,” tutur Hartono. Pilihan lain, menyimpannya di dalam peti yang terbuat dari kayu kamper. Seperti lada dan akar wangi, kayu ini mengeluarkan aroma yang ngengat tidak suka.

Source https://wolipop.detik.com/ https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-3666420/tips-menyimpan-batik-kuno-agar-tak-cepat-rusak
Comments
Loading...