Tips Menyimpan Batik Agar Tidak Rusak

0 175

Tips Menyimpan Batik Agar Tidak Rusak

Menjaga dan merawat batik kesayangan agar tahan lama serta tidak cepat pudar sudah menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi batik itu merupakan batik langka yang sulit didapatkan dan harganya mencapai puluhan juta. Tentunya merawatnya perlu dengan hati-hati dan rasa sayang. Perlu diketahui cara menyimpan dan merawat batik tidak boleh sembarangan. Hal ini berguna demi menjaga batik tetap awet dan tahan lama.

  • Menyimpan Batik Jangan Dilipat

Setelah batik dicuci bersih dan diseterika rapi, batik bisa langsung disimpan dalam lemari. Namun perlu diperhatikan saat menyimpan batik ke dalam lemari jangan pernah melipat batik.

Cara terbaik untuk menyimpan batik yakni digantung. Bila melipat batik, nantinya pada batik akan membentuk garis pada serat kain dan mempercepat serat kain patah sehingga membuat batik cepat lapuk.

  • Gunakan Gantungan yang Dilapisi Plastik

Menggantung batik sebisa mungkin gunakan gantungan yang ada pelapis plastiknya. Hal ini bertujuan menjaga serat kain tidak terkait gantungan dan menjadi rusak. Sementara jika batik masih dalam bentuk kain, gunakanlah gantungan yang dilengkapi penjepit. Namun sebelum dijepit dengan gantungan, lapisi terlebih dahulu dengan tisu agar jepitan tidak merusak kain batik.

  • Kondisi Lemari Harus Bersih

Sebelum menggantung batik dalam lemari, pastikan lemari dalam keadaan bersih. Untuk menghilangkan lembab di dalam lemari, bisa menggunakan kertas roti sebagai alas lemari.

  • Masukan Lada Putih Ke Lemari

Bagi yang merasa lemari belum aman dari serangga kecil dan takut akan merusak batik kesayangan, bisa menggunakan lada putih untuk mengusirnya. Namun sebelum memasukkan lada putih ke dalam lemari, lada sebaiknya taruh pada sebuah kain halus kemudian dibungkus. Buat beberapa bungkusan lada putih tadi dan sebarkan ke beberapa sudut lemari. Lada putih yang berbau menyengat bisa mengusir serangga kecil pengganggu.

  • Bersihkan Lemari 3 Bulan Sekali

Walaupun sudah melakukan empat langkah tadi, memperhatikan kebersihan lemari sangatlah penting. Sebisa mungkin bersihkan lemari paling lama tiga bulan sekali. Kemudian keluarkan koleksi batik dan angin-anginkan selama kurang lebih satu jam, sebelum dimasukkan ke lemari lagi.

Source Tips Menyimpan Batik Agar Tidak Rusak Batik
Comments
Loading...