Tips Menerapkan Teknik Batik Draping bagi Pemula

0 209

Tips Menerapkan Teknik Batik Draping bagi Pemula

Proses pembuatan sebuah busana keberadaan pola pakaian memang memiliki peran yang sangat penting. Bahkan bisa dikatakan baik tidaknya sebuah busana yang dikenakan oleh seseorang sangat bergantung pada kebenaran pola yang digunakan. Kendati demikian, untuk urusan batik saat ini banyak orang sudah mulai menerapkan teknik draping yaitu teknik konstruksi tanpa pemotongan bahan. Bagi orang yang sudah biasa memadupadankan kain batik yang masih mentah adalah hal biasa, namun bagaimana dengan mereka yang masih newbie atau pemula?

Nitra Nia Karnelia merupakan seorang Fashion Stylist yang mengatakan bahwa bagi mereka yang masih pemula sebaiknya sering lah mencoba menstyling kain batik sendiri. Mereka bisa mencobanya dengan item fashion termudah yakni celana kulot atau outer yang hanya dua menit dalam penataannya. “Untuk pemilihan ukuran kain batik yang normal yakni berukuran 110 cm x 200 cm,” ujar Nitra saat ditemui pada acara BNI Pesta Batik Indonesia dengan Batik Motif Maos Khas Cilacap di kawasan Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2017.

Dia mengatakan bahwa agar semakin mahir belajarlah yang banyak dari video tutorial soal mix and match tentang teknik draping pada batik. Dengan adanya tutorial tentang teknik ini seorang pemula dapat menonton video tutorial bisa menambah pengetahuan sekaligus bisa menciptakan ide dan kreativitas baru. Dengan menggunakan teknik draping pun dapat melihat proporsi garis-garis desain pada tubuh. Untuk itu, seimbangkan antara garis, motif dan warna pada pemilihan kain batik.

Source Tips Menerapkan Teknik Batik Draping bagi Pemula Teknik
Comments
Loading...