Tips Mencuci Batik Warna Alam

0 129

Tips Mencuci Batik Warna Alam

Kain Batik Tradisional pada masa lalu dibuat dengan menggunakan warna yang bahannya berasal dari alam sekitar pembuat batik tersebut. Pengusaha batik yang membuat batik dengan bahan warna alami ini tidak terlalu banyak namun sebenarnya kain batik dengan warna alam ini memiliki penggemar tersendiri dan pada umumnya berasal dari masyarakat kalangan atas. Hal ini disebabkan karena kain batik dengan warna alami ini memang relatif lebih mahal dibanding kain batik lainnya karena proses nya yang lebih sulit dalam membuat warna yang diinginkan.

Warna alami adalah warna yang sangat ramah terhadap lingkungan dan banyak masyarakat saat ini yang mulai mencari bahan yang aman terhadap lingkungan. Dalam merawat kain batik warna alami ini jelas memiliki perbedaan dari ketika kita membersihkan baju lainnya. Cara membersihkan kain batik dengan warna alami ini memiliki teknik tersendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan kain batik tersebut.

  1. Dalam membersihkan kain bahan alami ini dianjurkan untuk menggunakan bahan yang alami juga. Bahan tersebut adalah lerak yang telah dipergunakan oleh para seniman batik sejak zaman dahulu dalam membersihkan dan mencuci kain batik. Penggunaan bahan lerak ini dapat menjaga agar koleksi kain batik tradisional ini tetap memiliki warna yang awet dan tetap indah seperti sedia kala. Saat ini lerak telah banyak dijual di berbagai toko atau pameran yang menjual batik.
  2. Jika kita tidak dapat menemukan atau membeli lerak maka ada cara lain untuk mencuci kain batik ini. Salah satunya adalah menggunakan shampoo. Penggunaan shampoo lebih lembut untuk kain batik dan tidak akan merusak warna dari kain tersebut.
  3. Perendaman kain batik ini tidak boleh terlalu lama agar warna batik tersebut lebih terjaga.
  4. Cara lainnya adalah dengan mencuci kain batik ini dengan menggunakan bahan pewangi saja tanpa menggunakan deterjen. Selain itu kain batik dengan bahan warna alami ini tidak boleh terlalu sering dicuci agar tidak cepat kusam.
  5. Jika baju batik atau kain batik tersebut tidak terlalu lama dipakai maka sebaiknya tidak perlu dicuci dan hanya diangin-anginkan saja. Namun bila dipakai seharian maka dapat menggunakan celupan bahan pewangi namun tidak direndam terlalu lama.
Source Tips Mencuci Batik Warna Alam Batik
Comments
Loading...