Tips Memilih Baju Batik Terbaik Untuk Anak Anda

0 28

Tips Memilih Baju Batik Terbaik Untuk Anak Anda

Membiasakan anak-anak untuk berbusana batik terbilang hal yang sebenarnya gampang-gampang susah. Apalagi jika sang orang tua sebelumnya sangat jarang mengenakan batik, atau hanya ber-batik hanya saat acara-acara formal maupun ke kantor saja. Pada dasarnya, anak-anak sangat mudah meniru. Ada baiknya ketika Anda berkeinginan menanamkan kecintaan berbatik pada putra-putri Anda, ada baiknya Anda juga turut menjadi role model mereka dalam berbusana batik. Disamping itu, anak-anak akan merasa betah jika pakai yang mereka kenakan nyaman, tidak hanya pada desain/model tetapi juga untuk kualitas bahannya.
Secara garis, berikut kami sajikan tips tentang bagaimana memilih baju maupun bahan batik yang baik untuk putra-putri kita, sekaligus mewujudkan putri-putri Anda tetap fashionable dan modis dengan baju batiknya.

Pertama, yang harus kita pastikan bahwa materi atau bahan batik yang kita pilih dari bahan yang nyaman, tidak panas ketika dikenakan, menyerap keringat. Sebagaimana kita tahu bahwa anak-anak adalah usia yang sangat aktif, cepat sekali berkeringat, dan sangat reaktif saat merasa tidak nyaman seperti dalam hal gerah dan berkeringat saat berpakaian.

Kedua, soal model yang mereka sukai, pastikan juga bahwa anak-anak kita nantinya benar-benar menyukai model batik yang mereka kenakan. Ada baiknya kita ajak mereka untuk langsung memilih baju batiknya. Cara ini dapat memudahkan kita untuk mendapatkan ukuran, motif, dan desain yang sesuai. Jika Anda tidak membeli baju batik jadi di toko, melainkan menjahitkan bahan batik ke tailor, maka mintalah penjahit untuk merekomendasikan model model yang baik dan fungsional untuk anak Anda. Ragam model baju batik Anak saat ini sangat variatif, mulai dari hem atau kemeja batik sederhana untuk anak laki-laki sampai ke pilihan model gaun bagi putri Cantik Anda.

Ketiga, menjadikan diri kita sebagai contoh (role model) dalam mencintai batik. Tidak hanya dari segi berbusana batik saja, namun setiap aktivitas yang memungkinkan kita mengenalkan kecintaan terhadap batik pada putra-putri tercinta. Misalnya, ajaklah sesekali mereka untuk berkunjung ke museum batik, mengajaknya mengunjungi Pekan (Festival) Batik Nusantara, atau ketika anda berkunjung ke toko batik/butik langganan untuk menjahitkan kain batik pilihan Anda maka jangan lupa untuk membawa serta putra-putri Anda. Dengan begitu, sebenrnya secara tidak langsung Anda sudah mengajarkan mengenai budaya batik sejak dini.

Keempat, berikan kebebasan kepada mereka untuk memilih motif dan desain batik yang dia sukainya. Dengan begitu anak Anda akan belajar untuk berekspresi. Meski demikian jangan lupa juga untuk mengajaknya berbincang/memperbincangkan (komunikasi ringan) sembari memperkenalkan sedikit demi sedikt tentang ragam motif dan makna yang terkandung dalam setiap motif batik tersebut.

Kelima, cara yang paling efektif kemudian adalah dengan mengenakan baju batik kembaran dengan buah hati kita. Pasti amat senangnya si kecil ketika berseragam batik bersama Ayah bundahnya.

Dengan mengikuti tips langkah memilih dan mengenalkan kecintaan busana dan berbusana batik pada anak-anak kita, ada sebuah harapan besar ke depan, Batik sebagai salah satu peninggalan seni-budaya bangsa indonesia yang adiluhung semakin digemari, oleh semua kalangan. Pengenaan batik nantinya tidak hanya sebatas sebagai kelengkapan berbusana pada acara adat, busana kantor tiap hari jumat, dan budaya kaum tua saat menghadiri acara pernikahan saja. Caranya, ya..seperti apa yang kami coba tularkan melalui blog ini, menanamkan kecintaan terhadap batik sejak dini, melalui Baju Batik untuk Anak-anak.

Source http://www.batiksemarang.com/ http://www.batiksemarang.com/2015/06/tips-memilih-baju-batik-terbaik-untuk.html
Comments
Loading...