Tips Melihat Kain Batik Yang Memiliki Kualitas Baik

0 22

Tips Melihat Kain Batik Yang Memiliki Kualitas Baik

Oke sahabat , sahabat pasti pada tau kan bahwa kualitas dari kain batik sangat berpengaruh untuk sahabat kan apalagi saat pemakaiannya, pasti akan mencari yang nyaman dan berkualitas baik kan. Jadi kalian harus teliti untuk memilih kain batik yang memiliki kualitas yang baik. Dan pasti sahabat juga sudah tau kan bahwa semakin baik kualitas batik akan semakin mahal pula harga batik tersebut. Bagi sahabat yang selalu memperhatikan kualitas produk produk yang sahabat beli dan yang selalu anda gunakan, pasti seperti hal ini untuk memilih kain batik dengan kualitas yang baik pasti juga hal yang sanngat penting buat sahabat.

Nahh disini ada tips yang bisa sahabat gunakan saat memilih ataupun berbelanja kain batik :

1. Lihat Jenis Kain Batik

Nahhh ini nihh sebelum sahabat membeli kain batik, ada baiknya jika sahabat menentukan atau memperhatikan jenis kain batik yang akan dibeli, entah itu batik cap, print ataupun batik tulis. Kain Batik tulis biasanya harganya jauh lebih mahal dari batik print ataupun batik cap. Kualitasnya pun juga lebih baik dari batik print ataupun batik cap karena pada batik tulis harus memiliki keterampilan yang cukup tinggi pada saat proses pembuatannya.

2. Lihat Jenis Bahan Kain Batik

Sahabat juga harus perhatikan yang satu ini, saat ingin membeli kain batik jangan lupa untuk memilih jenis kain batik yang sedang Anda cari, semisal itu digunakan untuk keseharian, lebih tepatnya sahabat memilih kain batik yang berbahan katun. Karena katun yang menyerap keringat akan membuat sahabat terasa lebih nyaman. Dan jika sahabat membeli kain batik untuk acara yang spesial dan tertentu, bahan yang cocok adalah bahan sutra yang bisa menjadi pilihan yang sempurna.

3. Coba untuk Raba Cetakan Warnanya

Nahh tidak hanya Uang saja looo sahabat yang harus diraba, hehehe …. jika sahabat sangat teliti dengan kualitas produk tips ketiga untuk membeli ataupun memilih kain batik yaitu meraba warna cat yang terdapat pada kain batik tersebut, apakah cat warna yang ada dikain batik menempel ditangan anda atau tidak. Jika warna cat tersebut menempel ataupun meninggalkan bekas ditangan berarti kain tersebut memiliki kualitas yang rendah. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kelunturan.

4. Cobalah untuk Membalik Bahan

Cara yang ke empat yaitu ketika sahabat memilih atau sebelum membeli kain batik, cobalah untuk membalikkan kain batik tersebut apakah memiliki cetakan luar dan dalam yang sama, jika kualitas kain batik tersebut bagus maka cetakan dibagian luar dan bagian dalam sama, karena hal tersebut menunjukkan bahwa proses pembuatan tersebut lebih detail dan lebih awet daripada jika warna motif bagian luar dan dalam berbeda.

5. Cobalah Tempelkan pada Kulit

Nahhh cara yang terakhir adalah menempelkan kain batik yang ingin sahabat beli dengan kulit anda, disitu kita akan merasakan apakah kain tersebut dingin saat dikenakan. Nah, disitulah sahabat juga tau kualitas batik tersebut bagus atau tidaknya. Biasanya pula saat sahabat mencuci kain batik tersebut berkali kali juga tidak akan mudah kusam. Nahh ini yang terpenting jika sahabat menemukan kain batik yang terlihat tampat kaku, jangan khawatir yahh karena hal tersebut akan melunak sendiri dan akan lembut ketika setelah dicuci.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/tips-melihat-kain-batik-yang-memiliki-kualitas-baik
Comments
Loading...