Tips Bagaimana Cara Memilih Kain Batik Bali yang Benar

0 501

Tips Bagaimana Cara Memilih Kain Batik Bali yang Benar

Batik Bali sudah banyak ditemui di toko-toko kerajinan yang menjual berbagai macam kain Batik Bali dengan berbagai macam motif dan corak. Saat ingin membeli Batik Bali yang berkualitas ada cara untuk mengetahui kualitasnya.

Cara mengetahui apakah Batik Bali atau bukan adalah :

  1. Aksen dalam setiap gambar Batik Bali tidak sama besarnya. Sudah menjadi hal umum bahwa keseimbangan pola motif batik dapat meningkatkan esensi dari batik itu sendiri. Tetapi khusus untuk Batik Bali berbeda. Walau polanya cenderung sama, tetapi bentuk antar motif satu dengan yang lainnya tidak selalu sama persis atau asimetris. Ada bagian yang sengaja dibentuk lebih besar atau lebih kecil dari bentuk motif yang lainnya sebagai penanda motif utama di batik tersebut.
  2. Kain Mori yang dipakai biasanya lebih berat dibanding mori untuk jenis batik lainnya.
  3. Motif pada batik tulis meskipun polanya sama tapi bentuknya tidak pernah sama persis (asimetris). Ada bagian yang lebih kecil atau lebih besar dari gambar yang lain
  4. Batik Bali asli berbeda dengan yang lainnya adalah aroma yang khas yang dimilikinya. Aroma ini berasa dari bahan-bahan pewarna alami pembuatan batik diantaranya adalah kulit-kulit kayu dan bahan yang lainnya.

Bali memiliki berbagai macam design, motif dan corak asli. Banyak desain batik khas Bali telah lahir yang biasanya dipadukan dengan motif batik yang ada dari berbagai wilayah di Tanah Air dan pengaruh motif China. Harga kain Batik Bali bervariasi, untuk harga Batik Tulis yang memiliki kualitas bagus di Pulau Bali berkisar antara Rp. 400.000,- hingga mencapai Rp. 35.000.000 per potong. Tingginya harga tersebut karena batik-batik tersebut dibuat dari kain bermutu dan digambar langsung dengan tangan serta menggunakan bahan pewarna alami.

Source Tips Bagaimana Cara Memilih Kain Batik Bali yang Benar Batik
Comments
Loading...