Tips Agar Baju Batik Tidak Luntur Dan Rusak

0 14

Tips Agar Baju Batik Tidak Luntur Dan Rusak

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baju batik adalah salah satu pakaian yang wajib dimiliki guna melestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Mengenakan baju batik dapat menambah rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Jika termasuk tipe penyuka batik sebagai salah satu gaya berbusa. Ada baiknya mengetahui cara merawat baju batik kesayangan supaya nggak gampang luntur, lecek, dan tetap awet. Merawat baju batik nggak butuh banyak biaya atau sesulit yang dibayangkan, jika meniru langkah-langkah berikut.

Pisahkan Batik Dengan Bahan Lain

Sebelum mencuci, sebaiknya sortir bahan baju yang mudah luntur dengan batik supaya warna asli khas batik tetap cemerlang dan nggak terkontaminasi dengan warna lain.

Dibanding Deterjen, Shampo Lebih Baik

Shampo sejatinya terbuat dari bahan aditif yang baik digunakan untuk mencuci rambut supaya bersih dari kotoran yang menempel. Tapi tidak hanya rambut, ternyata shampo bisa digunakan untuk mencuci baju batik. Kandungan zat aditif pada shampo tidak sekeras detergen. Hal ini diyakini mampu membuat baju batik selalu nampak baru.

Menggunakan Mesin Cuci yang Berkualitas

Ada kalanya mencuci dengan tangan menguras tenaga dan waktu. Daripada menggunakan jasa laundry yang mahal, mencuci dengan mesin cuci yang berkualitas kini jadi solusinya.

Source https://kumparan.com/ https://kumparan.com/@kumparanstyle/supaya-baju-batik-nggak-luntur-dan-rusak-yuk-tiru-cara-ini?ref=rel
Comments
Loading...