Tingkatkan Mutu, Bupati Wonogiri Dukung Pembangunan Laboratorium Batik

0 37

Tingkatkan Mutu, Bupati Wonogiri Dukung Pembangunan Laboratorium Batik

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Wonogiri menggandeng Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM (Diskoperindag-UMKM) menggelar pameran produk unggulan daerah di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, baru-baru ini.

Ketua Paguyuban Pecinta Batik ‘Sekar Jagad’ Yogyakarta, GPH Prabukusumo, mengatakan bahwa batik telah mendunia dan merupakan salah satu warisan budaya adiluhung bangsa asli Indonesia sebagaimana pengakuan UNESCO. Upaya pelestarian dan mempertahankan keberadaan batik menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah dan masyarakat, termasuk Sekar Jagad DIY. Prabukusumo menambahkan, bahwa setiap daerah memiliki kekhususan sendiri-sendiri dalam memproduksi batik.

“Saya punya harapan Pemkab Wonogiri membangun laboratorium batik guna mempertahankan batik Wonogiren, jika itu (laboratorium) bisa terwujud saya yakin akan menjadi satu-satunya di Indonesia,” kata Prabukusumo

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyambut baik masukan pembangunan laboratorium batik dalam rangka sertifikasi mutu batik.

“Saya menilai bukan sesuatu yang sulit untuk mewujudkannya laboratorium batik guna meningkatkan mutu sekaligus branding batik Wonogiren,” imbuh pria yang akrab disapa Jekek yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri ini.

Source https://www.gesuri.id https://www.gesuri.id/kerakyatan/tingkatkan-mutu-jekek-dukung-pembangunan-laboratorium-batik-b1T3TZd91
Comments
Loading...