Tiga Unsur Dalam Desain Batik

0 325

Tiga Unsur Dalam Desain Batik

Motif Batik yang disebut dengan Motif Pokok, Motif Batik Pengisi, dan yang terakhir adalah Motif Batik yang dipergunakan sebagai isen. Motif baju batik pokok adalah motif yang menjadi unsur motif pokok dalam desain Motif Batik. Motif pokok ini dapat dikenali dengan bentuk gambar yang berupa gambar dengan bentuk yang tertentu dan juga memiliki ukuran yang cukup besar dalam dimensi motifnya terlihat dominan dalam sebuah desain motif dalam baju batik. Motif yang memiliki bentuk yang cukup besar ini disebut juga sebagai ornamen pokok dalam desain batik. Ornamen-ornamen yang memiliki kategori pokok dalam desain Batik Tradisional Klasik diantaranya adalah motif yang berbentuk meru, Motif Pohon Hayat, Motif Tumbuhan, Motif Berbentuk Garuda, Motif Burung, bentuk candi ataupun yang berbentuk perahu (bangunan), gambar yang berbentuk lidah api, gambar naga, gambar binatang dan juga motif dengan bentuk kupu-kupu

Unsur yang kedua adalah motif yang disebut dengan motif pengisi bidang. Motif Batik ini adalah Motif Batik yang letaknya di bagian luar dari motif batik yang pokok. Motif Batik pengisi ini adalah motif yang bertugas untuk mengisi bidang kain batik secara keseluruhan. Motif Batik yang disebut motif pengisi bidang adalah Motif Batik yang memilki bentuk lebih kecil jika dibandingkan dengan motif batik yang merupakan unsur pokok.

Sesuai dengan namanya yaitu Motif Pengisi, ornamen batik bertugas untuk mengisi bidang yang ada dalam desain Motif Batik dan juga berfungsi untuk memperindah Motif Batik yang didesain itu secara keseluruhan. Ornamen batik ini memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan motif utamanya. Ornamen batik pengisi ini memiliki bentuk yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan ornamen pokok. Ornamen pengisi bidang ini contohnya adalah ornamen batik yang memiliki bentuk burung, berbentuk kuncup, motif bentuk sayap dan juga motif yang memiliki bentuk daun.

Source Tiga Unsur Dalam Desain Batik Batik
Comments
Loading...