Tiga Jenis Motif Batik Khas Purbalingga Tampil di Bazar Batik

0 192

Tiga Jenis Motif Batik Khas Purbalingga Tampil di Bazar Batik

Pada kegiatan bazar Batik Khas Purbalingga, yang di gelar bertempat di Griya UMKM Purbalingga, mulai Senin sampai Sabtu tanggal 23 hingga 28 Januari 2017, menampilkan tiga jenis kain batik. Yakni batik tulis, batik cap dan batik kombinasi cap dan tulis. Tiga jenis batik tersebut diproduksi oleh para perajin batik di kota Purbalingga, dengan menampilkan motif dan ciri khas Purbalingga, seperti kain Batik Motif Pesona Gua Lawa, Batik Kenalpot, Batik Motif Buah Duku, Nanas dan Strobery Serta Batik Motif Bunga Glagah.

Kabid UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM (DINKOP UKM) Purbalingga, Istriyati mengatakan, dengan adanya tiga jenis batik yang diproduksi, diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan. “Harga batik tulis berkisar antara Rp 250 ribu sampai Rp 475 ribu, untuk batik cap harga mulai dari Rp 90 ribu sampai Rp 125 ribu, dan untuk batik kombinasi cap dan tulis harga mulai Rp 150 ribu sampai Rp 175 ribu, dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan pilihan sesuai seleranya,” terang Istriyati.

Kain batik yang ada di bazaar batik ini berasal dari 9 sentra pembuat kain batik yang tersebar di Kota Purbalingga, seperti dari Desa Galuh, Dagan, Limbasari, Wirasana, Peniron dan lain-lain.  Sementara itu Kepala DINKOP UKM Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan, kegiatan Bazar Batik Khas Purbalingga, harus ditangkap oleh para perajin kain batik atau pelaku UMKM sebagai peluang yang bagus dan menguntungkan. Untuk dapat mempertahankan pangsa pasar kain batik khas Purbalingga dengan tiga jenis batik tersebut, dan menjaga pengusaha kecil agar tetap eksis, maka diharapkan untuk tidak membuat batik printing atau batik keluaran pabrik. 

Source https://m.timesindonesia.co.id/ https://m.timesindonesia.co.id/read/141086/20170123/192739/tiga-jenis-motif-batik-khas-purbalingga-tampil-di-bazar-batik/
Comments
Loading...