Tiga Cara Melestarikan Batik

0 12

Tiga Cara Melestarikan Batik

Membicarakan tentang batik tentu saja tidak bisa lepas dari bagaimana cara kita melestarikannya. Memang saat ini batik telah diakui dunia sebagai kekayaan bangsa kita. Namun jika kita sebagai bangsa Indonesia tidak berupaya melestarikannya, lama-lama batik pun bisa menghilang dari peredaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut,  setidaknya ada tiga cara untuk melestarikan batik sebagai cagar budaya.

Pertama, mempelajari batik dan sejarahnya.

Setiap wilayah di negara ini selalu memiliki batik dengan ragamnya yang khas. Batik Solo tentu saja berbeda dengan batik Pekalongan. Batik Pekalongan jelas tidak sama dengan batik Semarangan. Kurang lebih ada lima puluh motif batik nusantara. Dan jangan salah, batik ternyata tidak hanya ada di Jawa. Di Palembang, Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya hingga Papua juga memiliki batik dengan motifnya sendiri-sendiri. Sebagai warga Indonesia sudah sewajarnya kita mempelajari mengenai hal ini. Bukan untuk sekedar gaya-gayaan tapi dalam rangka menjaga agar batik tidak pudar ditelan masa. 

Kedua, mempelajari cara membuat batik.

Kalau bukan kita yang mempelajari cara membuat batik, terus siapa lagi? Kita tidak mungkin terus bersandar pada mbah-mbah perajin batik yang sudah sepuh-sepuh itu. Bahkan tak jarang anak-anak para perajin batik juga tidak mau mewarisi keahlian tersebut. Memang membuat batik, khususnya batik tulis membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa.

Saat ini kesadaran untuk melestarikan batik sudah semakin tinggi. Sehingga banyak pihak yang mulai memfasilitasi para pecinta batik yang ingin belajar membatik. Di Semarang kita bisa ke Kampung Batik jika ingin belajar membuat batik langsung dari ahlinya. Di Kampung Batik, kita juga bisa membeli kain-kain batik dari yang harganya terjangkau hingga yang jutaan rupiah. Kita juga bisa melihat produksi batik printing dan belajar batik tulis.

Ketiga, gunakan batik di setiap kesempatan.

Setelah belajar sejarah dan makna batik, dilanjut belajar membuat batik, tunjukkan kecintaan kita pada batik dengan mengenakannya di setiap kesempatan.

Source https://www.maritaningtyas.com/ https://www.maritaningtyas.com/2017/10/tiga-cara-mudah-melestarikan-batik.html
Comments
Loading...