Tempat Belanja Batik di Surakarta

0 17

Tempat Belanja Batik di Surakarta

Kota Surakarta bisa dibilang sebagai surganya wisata belanja batik. Kota ini memiliki beberapa tempat untuk berburu batik dengan kualitas terbaik. Beberapa tempat untuk belanja batik itu adalah:

Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pusat belanja batik terbesar se_Asia, bahkan dunia. Harganya yang murah membuat pasar yang terletak di Jalan Dr. Rajiman ini sebagai tujuan para wisatawan, sekaligus tempat kulakan pedagang batik dari berbagai kota di Indonesia.

Belanja di pasar ini Anda harus berani menawar hingga 50 persen dari harga yang ditawarkan. Tak seperti belanja di mal, harga batik di Pasar Klewer memang masih bisa ditawar. Semakin Anda pintar menawar, semakin murah harga yang akan Anda dapatkan.

Namun, untuk sementara Anda belum bisa belanja di pasar ini. Saat ini hingga akhir tahun 2016 mendatang, Pasar Klewer sedang dalam proses pembangunan kembali setelah habis terbakar pada akhir tahun 2014.

Sebagai gantinya, Anda bisa datang ke pasar klewer darurat di Alun-alun Utara Keraton Surakarta. Lokasinya sekitar 200 meter arah selatan Bundara Gladag di Jalan Slamet Riyadi.

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan menjadi ikon wisata heritage dan batik di Kota Surakarta. Terdapat sekitar 300 rumah gerai batik di kampung ini menjadikan Kampung Batik Laweyan tujuan wisata belanja batik.

Seperti membeli batik di Pasar Klewer, Anda harus pintar untuk menawar agar memperoleh harga yang lebih murah dari harga yang ditawarkan. Selain belanja, Anda juga bisa menyaksikan secara langsung peoses pembuatan batik di kampung tua ini.

Lokasi kampung ini terletak di kawasan Jalan Dr Rajiman di pusat Kota Surakarta, tepatnya sekuitar 500 meter arah selatan dari Bunderan Purwosari di Jalan Slamet Riyadi.

Kampung Batik Kauman

Kauman merupakan kawasan permukiman yang lokasinya tak jauh dari Masjid Agung Keraton Surakarta. Seeperti halnya Kampung Batik Laweyan, kampung ini menyediakan gerai dan workshop pembuatan batik.

Ciri khas dari batik Kampung Batik Kauman adalah warna yang cenderung lebih gelap seperti coklat kehitaman dengan motif modern. Di kampung ini terdapat sebuah komunitas bernama Paguyuban Batik Kauman di Jl Cakra No 14 Kauman yang memiliki tiga showroom yang diguanakan untuk roduksi, promosi, dan berjualan batik.

House of Danar Hadi

House of Danar Hadi berada di komplek wisata heritage dan batik terpadu milik PT Batik Danar Hadi. Di komplek ini terdapat museum batik dengan koleksi lebih dari 10.000 batik, gerai batik dengan harga mulai jutaan rupiah.Namun, House of Danar Hadi di Jalam Slamet Riyadi ini menawarkan kualitas batik nomor satu.

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo (PGS) di kawasan Gladag merupakan pusat perbelanjaan batik di Kota Surakarta yang lengkap dan murah. Kios di PGS yang melayani penjualan batik secara grosir dan eceran. Jam buka mulai pukul 09.30 hingga pukul 17.00 WIB.

Beteng Trade Center

Lokasi Beteng Trade Center (BTC) bersebelahan dengan Pusat Grosir Solo (PGS). Stan BTC melayani penjualan batik grosir dan eceran. Meski harga sudah terpasang, Anda masih bisa dapat menawar. BTC buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Lumbung Batik

Lumbung Batik terletak di Jalan Agus Salim 17, Sondakan, sekitar 300 meter dari Kampung Batik Laweyan.Lumbung Batik memiliki sekitar 50 gerai batik. Sentra batik ini didirikan oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Surakarta (PPBS).

Source https://javanist.com https://javanist.com/jejak-panjang-batik-surakarta/
Comments
Loading...