Teks Tanggapan Kritis

Membedakan Teks Tanggapan Kritis

Perhatikanlah pernyataan-permyataan di bawah ini.

  1. Saya kira informasi yang disampaikan berita cukup akurat karena isinya tidak jauh berbeda dengan informasi-informasi yang disampaikan sumber berita lainnya.
  2. Informasi yang disampaikan berita btadi malam masih diragukan sumber lainnya  ada yang berbeda, terutama di dalam jumlah korban. Jumlahnya tidak sebanyak dengan yang diinformasikan dalam berita itu.
  3. Bahasa yang disampaikan berita itu cukup jelas, sehingga kita sebagai pendengarnya mudah untuk memahami informasi yang disampaikannya.

Ketiga contoh pernyataan di atas juga disebut sebagai tanggapan lisan atas suatu berita. Adapun yang dimaksud dengan tanggapan itu sendiri adalah sambutan terhadap suatu ucapan. Isinya biasa berupa kritik atau komentar. Berkaitan dengan pemberitaan, aspek yang ditanggapi bisa berkenaan dengan isi beritanya itu sendiri dan kebahasaannya. Contoh (1) dan (2) merupakan tanggapan berkaitan dengan isi berita. Contoh  (3) berkaitan dengan aspek bahasanya.

Berdasarkan isinya, tanggapan dapat bersifatbpositif atau negatif.

  1. Gagasan-gagasan yang disampaikannya saya kira bagus, bias menginspirasi banyak orang untuk terbiasa hidup sehat.
  2. Saya kira gagasan-gagasanya kurang menyakinkan, dia hanya berbicara pengalaman dirinya sendiri yang belum tentu bias diterapkan oleh orang lain.

Kedua contoh pernyataan tersebut tergolong tanggapan positif (contoh 1) dan tanggapan negative (contoh 2). tanggapan positif diberikan apabila pendapat itu penting dan memberikan masukan-masukan berharga. Pendapat itu juga disampaikan dengan lois dan menyakinkan. Tanggapan negative diberikan apabila pendapat itu tidak ada manfaatnya sama sekali, tidak logis, dan disampaikan dengan berbelit-belit.

 

Mengklasifikasikan teks tanggapan Kritis

Berdasarkan cara penyampaiannya, suatu tanggapan bias diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yakni tanggpaan lisan dan tanggapansecara tertulis. Tanggapan lisan dinyatakan dalam bentuk percakapan sehari-hari, forum diskusi, dan wawancara. Tanggapan tertulis dinyatakan dalam bentuk artiel, mungkin juga surat.

Berdasarkan objeknya, teks tanggapan kritis terdiri atas bermacam-macam jenis. Ada teks tanggapan kritis untuk suatu artikell, nperistiwa, pendapat. Ada pula yang berupa karya semacam cerpen, novel, film, drama, lagu, buku ilmu pengetahuan, lukisan, dan karya-karya lainnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagan berikut.

Mengklasifikasikan teks tanggapan Kritis

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Tanggapan Kritis

Sebuah tanggapan zang baik harus mengandung unsur- unsur pokok, yakni isi, argumen, dan rekomendasi/penilaian. Akan lebih baik apabila disertakan pula fakta dan gambar-gambar grafis, seperti tabel, grafik, untuk memperjelas tanggapan. Tidak terabaikan pula penggunaan kaidah kebahasannya dengan benar, terkait dengan keefektifan kalimat, ketepatan pilihan kata, dan kebakuan ejaan/tanda bacanya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Tanggapan Kritis

Leave a Comment