Teks Tanggapan Deskriptif

Memahami Teks Tanggapan Deskriptif

Perhatikan.

Kusirnya adalah Polyte, seorang pemuda gemuk yang periang, berperut gendut, meskipun usianya masih muda. Pemuda itu terlampau banyak kena sengatan sinar matahari, terpaan angin, guyuran hujan deras, dan pengaruh minuman keras sehingga wajahnya dan lehernya berwarna merah bata.

 

Teks di atas merupakan contoh teks tanggapan deskriptif. Disebut deskriptif karena teks jenis ini menggambarkan seseorang dengan serincirincinya. Dalam teks -ini, pembaca dibuat seolah-olah membayangkan langsung sosok Polyte. Sesuai dengan contoh di atas, teks tanggapan deskriptif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menyajikan keadaan waktu, peristiwa, tempat, benda, dan orang.
  2. Menimbulkan kesan-kesan tertentu kepada pembacanya.
  3. Memungkinkan terjadinya imajinasi bagi pembacanya.
  4. Banyak menggunakan kata atau frasa yang bermakna keadaan atau sifat. Sebagai contoh, kata periang, muda, dan gendut.

 

Mengklasifikasi Teks Tanggapan Deskriptif

Teks tanggapan deskriptif dapat dikembangkan dalam berbagai pola. Beberapa pola tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pola Spesial

Paragraf dengan pola spasial disusun berdasarkan urutan ruang dan waktu, misalnya dari atas ke bawah, dari pinggir ke tengah, atau dari utara ke selatan. Contoh :

Ketika pertama kali aku tiba, halaman vila tersebut sangat luas. Aku menempati kamar yang paling dekat dengan pintu masuk. Kamar itu sangat besar. Di kamar tersebut terdapat 4 buah jendela dengan ukuran besar. Tempat tidur yang aku pakai adalah tempat tidur dari kayu dengan kasur, bantal, guling, dan kelambu yang serba putih.Tepat di sebelah tempat tidur, tergantung cermin oval berukuran besar dengan nuansa klasik. Di pojok kamar, terdapat lemari pakaian dengan ukuran sangat besar yang terbuat dari kayu jati.

2. Pola Subjektif

Paragraf dengan pola subjektif menggambarkan objek dengan melibatkan tafsiran atau kesan pribadi penulis. Contoh :

Pantai Nusa Penida belum banyak dikunjungi orang. Sebenarnya Pantai Nusa Penida memesona karena pasirnya putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Pulau Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam, setelah melalui jalan darat atau dengan menumpang kapal motor sekitar 35 menit dari Pelabuhan Padangbai. Nusa Penida terdiri atas tiga gugusan pulau, yaitu Pulau Lembongan, Ceningan, dan Nusa Besar dengan luas wilayah 202,84 km2. Pantai Nusa Penida air lautnya jernih dan bebas polusi. Ombaknya pun tidak-terlalu besar sehingga tidak membahayakan orang.

3. Pola Objektif

Paragraf dengan pola objektif menggambarkan suatu hal atau orang secara apa adanya tanpa melibatkan penilaian atau kesan pribadi penulis. Contoh :

Di kursi depan televisi, duduk seorang lelaki muda usia 20-an. Laki-laki tersebut bernama Axel. Dari pakaian yang ia pakai teriihat jelas bahwa ia bukan dari kalangan miskin. Rambutnya tertata dengan sangat rapi dan dicat cokelat tua. Dia memakai jas bermerek berwarna krem lengkap dengan warna celana yang senada. Badannya tegap lengkap dengan otot-otot hasil olahraga yang ia lakukan tiap hari. Kulitnya bersih tanpa ada bekas luka atau noda apa pun.

Leave a Comment