Teknik Pembuatan Batik Sablon

0 655

Pembuatan Batik Sablon

Batik printing merupakan salah satu batik yang tergolong baru dari sisi metode pembuatannya. Ada tiga cara membuat batik, yaitu batik tulis atau batik canting, batik cap, dan batik printingProses pembuatan batik printing hampir sama dengan pembuatan spanduk yaitu dengan menggunakan sablon manual atau mesin printing pabrik. Dengan dikembangkannya batik printing diharapkan akan mampu menghasilkan kain batik yang bagus dan berkualitas dan didapatkan dengan proses pengerjaan yang relative cepat.

Adapun proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan desain batik atau motif yang akan anda gunakan, juga logo instansi apabila diperlukan;
  • Selanjutnya adalah Cetak desain dalam plankan, sesuaikan dengan jumlah warna yang akan digunakan;
  • Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, pastikan posisi kain mori kencang sehingga kain tidak akan bergeser.
  • Letakan plankan diatas kain yang akan di print, kemudian tuang pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainya dengan menggunakan valet
  • Setelah itu, keringkan kain mori yang telah diberikan warna.
  • Proses selanjutnya adalah mengulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

Berbeda dengan batik cap, batik printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari batik printing ini relatif lebih mudah pudar. Dengan teknik pembuatannya yang bisa dikatakan tidak rumit, maka jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya.

Kelebihan dari batik printing adalah kecepatan dalam produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plankan. Motif batiknya pun bisa lebih detail. Teknik batik printing umumnya digunakan oleh produsen batik untuk memenuhi pakaian dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biasa produksinya bisa lebih hemat dan tidak memakan banyak waktu.

Source TEknik Pembuatan Batik Sablon Batik Sablon
Comments
Loading...