Teknik Pembuatan Batik Lukis Ngluwar

0 39

Teknik Pembuatan Batik Lukis Ngluwar

Batik lukis juga dapat disebut batik modern, proses maupun alat dan bahan sama akan tetap memberikan kebebasan dalam berekpresi menuangkan ide maupun kreasi yang menghasilkan bahan akan sandang ataupun berupa lukisan.

Berikut langkah-langkah pembuatan Batik Lukis Ngluwar :

  • Langkah pertama adalah siapkan kain mori (kain yang biasa digunakan untuk membatik) dari bahan katun. Lalu buat pola motif batik yang dinginkan menggunakan pensil pada kertas karton.
  • Menjiplak /Ngemal (taruh karton di atas meja kaca lalu taruh kain di atasnya sehingga memudahkan untuk memindah gambar dari karton ke kain mori).
  • Siapkan canting dan cairan malam (malam khusus batik, bisa di dapatkan di toko-toko yang menjual alat-alat membatik) yang sudah dipanaskan di atas kompor, lalu ciduk cairan malamnya agar tertampung pada cantingnya.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih warna untuk mewarnai motif pada batik. Disini menggunakan pewarna kimia yaitu Remasol.
  • Ambil kuas, celupkan kuas pada pewarna remasol, lalu lukiskan pada kain seolah-olah sedang mewarnai/melukis. Lukiskan sampai seluruh kain diisi warna. Inilah yang di sebut teknik colet.
  • Sekarang tinggal melepaskan malam/lilin dari kain. Caranya panaskan beberapa liter air yang telah dicampurkan dengan soda kostik, panaskan sampai mendidih. Lalu masukan kain tadi ke dalam air tersebut sambil diaduk aduk dan sesekali diangkat sedikit, proses inilah yang disebut dengan pelorodan. Maka malam yang menempel di kain akan meleleh dan terlepas dari kain saat proses pelorodan tersebut.
  • Jika malam sudah tidak menempel di kain, cepat cepat kain di masukan ke dalam air dingin lalu dikucek-kucek menggunakan tangan agar sisa-sisa malam yang menempel dapat seluruhnya terangkat. Jika kain sudah bersih seluruhnya dari sisa-sisa malam, kain dapat dijemur dan diperlakukan seperti kain biasa lain.
  • Proses selanjutnya adalah proses kancing warna, yaitu proses perendaman batik pada larutan waterglass supaya batik yang dibuat tidak mudah luntur. Caranya: gunakan waterglass secukupnya hanya sampai kain tampak basah saja. Pencelupan pada waterglass ditunggu semalam. Setelah itu kain diangkat kemudian dibilas dengan air bersih sampai hilang warna warna residu yang menempel pada batik. Setelah itu angkat dan tiriskan di tempat teduh sampai tidak ada air lagi yang menetes dari kain.
Source http://www.batikbumi.net/ http://www.batikbumi.net/2016/09/cara-membuat-batik-tulis-lukis.html
Comments
Loading...