Teknik Pembuatan Batik Garut

0 156

Teknik Pembuatan Batik Garut

Seni batik di daerah Garut ini juga merupakan sebuah kerajinan masyarakat yang telah terkenal di Indonesia. Pada masa zaman dahulu wilayah Garut ini merupakan daerah yang penting  sebagai pemasok untuk urusan logistik prajurit kerajaan Mataram. Pada saat itu yang berkuasa adalah Sultan Agung yang melakukan penyerangan terhadap tentara Belanda ke daerah Banten dan juga batavia. Pada masa tersebut itulah seni batik di wilayah Banten ini mulai muncul dan dikenal oleh masyarakatnya. Dalam teknik pembuatannya, seni Batik Garutan ini dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu Batik Tulis, Batik Cap, Batik Kombinasi Tulis dan juga cap, dan yang terakhir Batik Lukis. Batik tulis merupakan teknik batik yang menggunakan canting pada proses pemberian Motif Batiknya.

Untuk Motif Batik yang dibuat dengan teknik Batik Cap menggunakan alat bantu canting cap yang bahannya berasal dari tembaga. Sementara itu teknik pembuatan batik di daerah ini ada juga Motif Batik yang dibuat dengan gabungan kombinasi antara Batik Tulis dan juga batik cap. Motif Batik ini menggabungkan cara pembuatan Batik Tulis dan Cap dalam satu permukaan kain batik dan untuk Motif Batik Lukis dibuat dengan menggunakan bantuan alat kuas dan berbagai alat lukis lainnya. Seni Batik Lukis ini tetap memerlukan malam dalam proses pembuatannya.

Hasil gambar untuk teknik pembuatan batik garut

Tahap untuk membuat Batik Garut ini ada beberapa tahap yaitu pembuatan pola yang kemudian diberi malam, dan dilanjutkan dengan tahap memberi warna. Kain batik khas dari garut ini memiliki warna yang spesial yang dikenal dengan nama gumading atau kuning gading. Selain itu ada juga warna batik yang menggunakan warna cerah seperti warna merah biru, cokelat kekuningan. Motif Batik Garutan banyak yang mendapatkan sumber ide dari berbagai macam pola yang ada di daerah ini. Berbagai macam bentuk flora dan fauna khas kota ini telah menjadi Motif Batik kota ini. Seperti Motif Batik Merak Ngibing, Motif Batik Bulu Hayam, Motif Batik Lancah dan berbagai macam Motif Batik lainnya yang sangat khas dari kota ini.

Untuk membuat sehelai kain batik dengan motif sederhana saja, diperlukan waktu sekitar 1 minggu. Pembuatan batik Garutan bisa memerlukan waktu hingga berbulan-bulan jika motif yang dibuat sangat sulit.

Source Teknik Pembuatan Batik Garut Batik
Comments
Loading...