Teknik Pembuatan Batik Cap Bogor

0 60

Teknik Pembuatan Batik Cap Bogor

Selain menggunakan teknik batik tulis proses pembuatan batik di Kota Bogor juga menggunakan teknik batik cap. Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari. Batik cap dalam proses pembuatannya lebih mudah dan cepat daripada pembuatan batik tulis, karenanya kelemahan batik cap terdapat pada motif batik yang dapat dibuat terbatas dan tidak dapat membuat motif-motif besar serta tidak terdapat seni coretan dan kehalusan motif yang dianggap menentukan motif.

Berikut langkah-langkah pembuatan Batik Cap Bogor :

  1. Kain mori diletakkan di atas meja datar yang telah dilapisi dengan alas yang lunak.
  2. Malam/ lilin direbus hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan malam ini tetap dalam kondiri 60 sampai dengan 70 derajat Celcius.
  3. Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam tadi dengan mencelupkan kurang lebih yang 2 cm tercelup cairan malam pada  bagian bawah cap.
  4. Cap kemudian diletakkankan dan ditekankan dengan kekuatan yang cukup di atas kain mori yang telah disiapkan tadi, Cairan malam/ lilin dibiarkan meresap ke dalam pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori.
  5. Setelah proses cap selesai, kain mori selanjutnya akan akan masuk ke  proses pewarnaan, dengan cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang berisi warna.
  6. Cairan malam/ lilin telah terserap pada permukaan kain, tidak akan terkena dalam proses pewarnaan ini.  Setelah proses pewarnaan selesai, dilanjutkan dengan proses berikutnya yaitu penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses penggodogan atau ngelorot.  Sehingga akan nampak dua warna, yaitu warna dasar asli kain mori berasal dari mori yang tertutup malam/ lilin, dan warna setelah proses pewarnaan yang dilakukan.  bila akan diberikan kombinasi pewarnaan lagi, maka harus dimulai lagi dari proses pengecapan cairan malam, pewarnaan, penggodogan lagi.Sehingga diperlukan proses berulang untuk setiap warna.  Hal yang menarik dari batik cap adalah pada proses perkawinan warna, karena permukaan kain mori yang telah diwarna sebelumnya akan diwarna lagi pada proses pewarnaan berikutnya, sehingga perlu keahlian khusus dalam proses pemilihan & perkawinan warna.
  7. Proses terakhir dari pembuatan batik cap adalah proses pembersihan dan pencerahan warna dengan soda.
  8. Selanjutnya dikeringkan dan disetrika.
Source https://anihaqqi.wordpress.com/ https://anihaqqi.wordpress.com/proses-pembuatan-batik/teknik-pembutan-batik-cap/
Comments
Loading...