Teknik Pembuatan Batik Cap Bekasi

0 34

Teknik Pembuatan Batik Cap Bekasi

Pembuatan Motif Batik Bekasi juga banyak terinspirasi dari kesenian Betawi, seperti Ondel-ondel, tanjidor dan sebagainya. Kota Bekasi dikenal juga sebagai Kota patriot, kota yang pernah mengalami peristiwa heroik pertempuran untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Unsur yang bisa dipakai antara lain bambu runcing, bendera merah putih dan bunga melati yang melambangkan pahlawan-pahlawan dari Bekasi yang gugur di medan pertempuran. Atau bisa juga ditambahkan motif bunga Seroja sebagai penghormatan pada eks pejuang pembebasan Timor Timur era tahun 1970-an yang sekarang bertempat tinggal di daerah Seroja Bekasi. Walaupun hampir sebagian Batik Bekasi dibuat dengan menggunakan teknik batik tulis tetapi Kota Bekasi juga membuat batik dengan teknik cap.

Berikut langkah-langkah pembuatan Batik Cap Bekasi :

  1. Kain mori diletakkan di atas meja dengan alas dibawahnya menggunakan bahan yang empuk.
  2. Malam direbus hingga suhu 60 – 70 derajat Celsius.
  3. Cap dicelupkan ke malam yang telah mencair tadi tetapi hanya 2cm saja dari bagian bawah cap.
  4. Kemudian kain mori di cap dengan tekanan yang cukup supaya rapih. Pada proses ini, cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori.
  5. Selanjutnya adalah proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain mori yang sudah di cap tadi ke dalam tangki yang berisi cairan pewarna.
  6. Kain mori direbus supaya cairan malam yang menempel hilang dari kain.
  7. Proses pengecapan, pewarnaan, dan penggodogan diulangi kembali jika ingin diberikan kombinasi beberapa warna.
  8. Setelah itu, proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda.
  9. Penjemuran kemudian disetrika supaya rapih.
Source https://rennytha.wordpress.com/ https://rennytha.wordpress.com/cara-membuat-batik-cap/ https://fitinline.com/article/read/batik-bekasi/
Comments
Loading...