Teknik Pembuatan Batik Banyuwangi

0 313

Teknik Pembuatan Batik Banyuwangi

Batik Banyuwangi pada umumnya berada di Kota Banyuwangi. Akan tetapi seiring perkembangan jaman dan perkembangan pariwisata yang ada di Kabupateng Bayuwangi, keberadaan batik Banyuwangi kian hari lebih diketahui keberadaanya oleh masyarakat umum. Dikenalnya batik oleh masyarakat umum memang menjadikan nilai lebih untuk Batik Banyuwangi sendiri. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika pengenalan Batik Banyuwangi ini juga diimbangi dengan pemahaman bagaimana teknik membuatnya juga.

Batik Banyuwangi merupakan salah satu industri kreatif yang ada di  Kabupaten Banyuwangi. Industri Batik di Banyuwangi juga masih dalam skala home industri. Sehingga sebagai warga Banyuwangi wajib untuk mengetahui teknik cara pembuataanya. Dengan harapan jika mengetahui cara pembuatan batik ini dapat mempromosikan batik ini.

Para perajin batik yang ada di Banyuwangi pada umumnya memiliki teknik dan cara yang sama dalam membuat batik, yang membedakan diantara mereka hanyalah kreativitas dari masing-masing pengrajin itu sendiri. Pada umumnya teknik pembuatan Batik Banyuwangi terbagi menjadi 3 macam. Yang pertama adalah pembuatan batik dengan teknik Cap atau Stamp, yang kedua adalah pembuatan batik dengan teknik Tulis dan yang ketiga adalah pembuatan batik dengan teknik semi tulis. Ketiga teknik tersebut merupakan teknik pembuatan batik yang telah diterapkan sejak dahulu dan berlangsung sampai sekarang ini.

Source http://www.mitraumkm.com/ http://www.mitraumkm.com/2017/09/teknik-pembuatan-batik-banyuwangi-batik.html
Comments
Loading...