Teknik Pembuatan Batik Bali

0 825

Teknik Pembuatan Batik Bali

Kerajinan Batik Bali berkualitas baik dengan menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti bahan pewarna berasal dari pohon mengkudu, nila dan soga, sedangkan bahan sodanya dari soda abu dan garamnya dibuat dari tanah lumpur, proses penenunan kain dari hasil tenun alat-alat tradisional, sehingga tidak mengherankan harga batik seperti itu bisa mencapai harga jutaan rupiah, tingginya harga itu karena menggunakan bahan alam serta ditulis atau digambar langsung secara manual. Alat tulis yang menjadi ciri khas dalam pembuatan batik tulis adalah “canting” sebagai alat pembentuk motif dan kain mori yang terbuat dari bahan sutra dan katun.

Proses pembuatan Batik Bali melalui beberapa tahapan seperti langkah pertama yaitu kain putih yang sudah disiapkan didesain dengan gambar-gambar sesuai ekspresi atau meniru gambar yang telah ada menggunakan pensil proses ini disebut molani, kemudian baru dilukis dengan lilin menggunakan canting mengikuti pola dari pensil. Selanjutnya kain yang masih berwarna putih ditutupi dengan lilin malam agar saat pencelupan atau pewarnaan bagian tersebut tidak terkena warna, dan dikeringkan.

Kemudian kain dicelupkan ke air panas agar menghilangkan cairan lilin, proses membuka dan menutup lilin pada bidang kain berulang kali sesuai dengan kompleknya motif dan warna yang diinginkan, sehingga menjadi sebuah kain batik jadi. Perlu proses yang sangat lama, apalagi mulai dari penenunan dengan menggunakan alat-alat tradisional. Sehingga tidak mengherankan kain batik tulis ini memiliki nilai ekonomis tinggi.

Source Teknik Pembuatan Batik Bali Proses Batik
Comments
Loading...