Teknik Membuat Batik Remekan

0 435

Teknik Membuat Batik Remekan

Batik Remekan merupakan salah satu kerajiann batik dengan teknik pembatikan yang mengambil unsur karya seni batik jenis pecah (pecah dalam bahasa jawa artinya remek). Efek remekan yang ditimbulkan memberikan kesan abstrak pada dasar motif batik, terutama untuk motif batik yang besar. Batik Remekan biasanya dikominasikan dengan motif batik asli yang bergambar besar, karena jika dikombinasikan dengan motif batik yang bergambar kecil akan mengaburkan motif batik itu sendiri.

Pada awalnya Motif Batik Remekan diimplementasikan pada motif sprei yang memang mempunyai bidang batik yang sangat luas, sehingga diperlukan motif-motif pelengkap untuk mengisi kekosongan. Dalam perjalanan dan perkembangan mode batik. Motif Batik Remekan akhirnya juga diimplementasikan pada bahan batik baik untuk pakaian laki-laki maupun perempuan. Teknik pembuatan Batik Remekan sangat sederhana, tetapi membutuhkan banyak lilin malam dan menguras energi yang besar dari tenaga pembuatnya. Awalnya motif inti dari batik yang akan dibuat diselesaikan dulu (motif inti batik bisa berupa motif bunga, fauna, atau motif batik tradisional).

Setelah motif inti batik selesai dibuat, selanjutnya memasuki tahap pembuatan Motif Batik Remekan. Kain batik yang sudah ada motif inti, lalu dibalur dengan lilin malam secara keseluruhan. Cara membalurnya bisa menggunakan balur langsung dengan kuas ke seluruh permukaan kain, atau dengan melakukan perebusan atau pencelupan kain batik pada lilin malam yang masih dimasak dalam wajan. Tunggu beberapa saat hingga lilin malam yang telah menempel rata di seluruh bagian kain mengering.

Selanjutnya kain batik yang telah dipenuhi lilin malam tadi dipukul-pukul hingga lilin malam yang menempel remek/retak/pecah. Efek remek/retak/pecah inilah yang memang sengaja mau diambil. Alat pukul yang digunakan adalah palu yang kepalanya sudah dibungkus dengan ban dalam, sehingga tidak merusak kain batik itu sendiri. Proses pemukulan dilakukan hingga lapisan lilin malam yang telah menempel di kain batik menjadi retak dan sedikit terkelupas.

Dengan terkelupasnya lilin malam tersebut, maka akan memungkinkan zat pewarna untuk masuk dan menempel pada pori-pori kain, sehingga kain yang lilin malamnya retak dan tidak terlindung lilin malam akan berubah warna sesuai warna yang akan digunakan pada proses pewarnaan selanjutnya sedangkan kain yang masih terlindung lilin malam warnanya tetap terlindungi dan tidak terpengaruh oleh proses pewarnaan berikutnya.

Source Teknik Membuat Batik Remekan Proses Batik
Comments
Loading...