Tegalrejo Sentra Batik Alam dengan Motif Khas

0 141

Tegalrejo Sentra Batik Alam dengan Motif Khas

Tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari menjadi salah satu sentra perajin batik di Gunungkidul. Oleh karenanya, pemerintah desa setempat akan terus fokus mengembangkan batik warna alam yang dimiliki. Berkat kreasi para perajin yang mencapai ratusan orang ini, batik asal Tegalrejo dikenal luas. Namun yang paling membanggakan, dari kreasi ini telah memiliki motif sendiri. Adapun motif batik yang dimiliki antara lain Ratuning Gedangsari I, Ratuning Gedangsari II, Pring Sedapur dan Sekaring Gedangsari.

Kepala Desa Tegalrejo Sugiman mengatakan, kerajinan batik di desanya sudah ada sejak lama. Hingga sekarang tercatat ada 11 kelompok yang bergerak dalam industri batik. “Kami bersyukur dari  kelompok-kelompok yang ada masyarakat bisa diberdayakan dan memeroleh penghasilan dari membatik,” kata Sugiman. Pengembangan batik warna alam asal Tegalrejo tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, mulai dari pemkab, Pemerintah DIY hingga pemberdayaan masyarakat bantuan dari perusahaan.

Adanya pengembangan batik ini pemdes merasa sangat terbantu karena memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu kami akan terus fokus dalam pengembangan batik ini sehingga karya yang dihasilkan dapat dikenal lebih luas lagi,” katanya.

Source http://www.harianjogja.com/jogjapolitan http://www.harianjogja.com/baca/2017/04/07/umkm-gunungkidul-tegalrejo-sentra-batik-alam-dengan-motif-khas-807877
Comments
Loading...