Tanaman Ketela untuk Motif Batik

0 54

Tanaman Ketela untuk Motif Batik

Tanaman singkong merupakan bahan baku gaplek sebagai makanan sekunder, tidak saja di wilayah Trenggalek, tetapi juga di wilayah Selatan Jawa seperti Tulungagung, Wonogiri, Ponorogo, Blitar, Pacitan maupun wilayah lainnya. Di tanaman ketela itulah yang akhirnya mengilhami lahirnya Motif Batik Ketela. Soal Batik Motif Daun Ketela menurut Prof Andrik menjelaskan, sebanyak 5 daun ketela menggambaran bahwa bangsa Indonesia harus tetap menetapkan pancasila sebagai sumber segaa sumber hukum. Ini merupakan inti ajaran kenegaraan yang wajib dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia.

Terdapat daun yang melingkar berjumlah 9 berarti hitungan tertinggi. Sementara empat yang berada di setiap sidit melambangkan empat penjuru mata angin, yang menggambarkan Pancasila mampu memberikan perlindungan terhadap heterogenitas bangsa yang tercermin  dalam konsep Bhineka Tunggal ika (berbeda beda tetapi tetap satu).Konsep yang matang ini menunjukkan bahwa baju batik bukan hanya sebagai baju yang dipakai sehari hari tetapi motif batik yang tercipta pada zaman dahulu mempunyai makna yang amat mendalam.

Batik merupakan kebudayaan kebanggan bangsa Indonesia yang patut kita pelihara dan kita lestarikan keberadaannya. Salah satu cara melestarikan batik adalah dengan tidak pernah sungkan untuk mengenakan baju batik dalam setiap acara, baik itu acara formal maupun acara santai. Batik saat ini telah berkembang ke arah yang tidak pernah dibayangkan pada zaman dahulu. Sekarang semua orang bisa memakai batik. Dan batik saat ini sudah bukan hanya di miliki oleh suku Jawa tetapi sudah menjadi budaya bangsa Indonesia.

Source Tanaman Ketela untuk Motif Batik Batik
Comments
Loading...