Tampil Modern dan Elegan dengan Busana Ambah Batik yang Menawan

0 128

Rancangan batik Indonesia memang tak pernah ada matinya. Bahkan batik juga lah yang membuat budaya Indonesia makin kaya. Tak heran jika banyak desainer yang memfokuskan diri mereka untuk membuat desain dengan tema batik. Seperti yang dilakukan oleh Dina Rimandra Handayani. Pengusaha muda yang satu ini menggeluti dunia fashion dengan mengangkat Ambah Batik.

Ambah sendiri diambil dari bahasa Jawa kuno ‘Amba’ yang berarti menulis. Dan penambahan huruf ‘H’ memiliki arti hidup. Kemudian logonya yang menyerupai buah pucuk rebung memiliki arti menulis kisah kehidupan yang bermanfaat bagi banyak orang. 

“Ambah Batik mengangkat satu motif batik sebagai DNA rancangan busananya, yakni Pucuk Rebung. Motif melayu yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia ini mengandung nilai filosofis, di mana hidup manusia harus memberikan manfaat bagi orang lain. Memiliki harapan dan kekuatan layaknya pohon bambu yang tak mudah runtuh,” kata Dina di kawasan Jakarta.

Pucuk Rebung, lanjutnya, adalah sesuatu yang bisa meningkatkan rasa persaudaraan, mempererat budaya Indonesia, dan menunjukkan kayanya budaya Indonesia. Pucuk Rebung hadir di motif batik dari Riau, Sumatra, Kalimantan, Jawa. Bahkan motif Betawi juga ada Pucuk Rebung. 

“Jadi tujuannya adalah memperkaya motif khas kita sendiri. Selama ini Pucuk Rebung hanya ditampilkan sebagai sisi atau ujung dari kain. Sekarang saya ingin Pucuk Rebung menjadi motif inti. Ketika orang memakai motif Pucuk Rebung maka artinya hidup mereka adalah berkualitas dan memberi manfaat untuk orang lain,” jelasnya. 

Koleksi ready to wear ini hadir dengan gaya modern sekaligus elegan lewat potongan jumpsuit, wrapped dress, cape, setelan blazer dan celana serta sheath dress. Motif Pucuk Rebung hadir bersama motif-motif bunga yang dikreasikan, sehingga menghasilkan karya tradisional yang tetap selaras dengan modernitas. Bahan pada koleksi ini pun menggunakan batik tulis sutera baron, Thai silk, katun, batik cap, dan kombinasi tulis katun.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/fashion-style/read/3762083/tampil-modern-dan-elegan-dengan-busana-ambah-batik-yang-menawan
Comments
Loading...