Tampil Etnic dalam Balutan Batik Motif Aksara Jawa

0 31

Tampil Etnic dalam Balutan Batik Motif Aksara Jawa

Motif menjadi salah satu daya tarik dalam sebuah kain dan busana. Aksara Jawa menjadi salah satu inspirasi desainer Iffah M Dewi dengan brand Sogan Rejodani miliknya.

”Menggunakan aplikasi motif dengan gambar yang terkesan ceria, berupa rumah, pohon dan aksara Jawa,” jelasnya.

Makanya, warna yang dipilih pun cenderung cerah meski tetap dengan ciri khas dominan hitam. ”Proses kreatif, ide, dan alur cerita kami tuangkan dalam karya ini. Kami juga mengangkat kearifan lokal di Dusun Rejodani, Sleman,” ujarnya.

Iffah menjelaskan, karya busana muslim miliknya terinspirasi dari sebuah rumah kuno berbentuk limasan khas Jawa yang dibangun pada awal 1900-an. Dia pun menuangkannya dalam kombinasi antara satu batik tulis dan dua batik cap. ”Batik tulis dengan nama motif “becik” menggambarkan rumah limasan dengan beberapa pohon, buah sawo dan bunga di sekitarnya,” jelasnya.

Dia juga menggunakan batik cap motif sipat, terinspirasi dari daun sirih. Daun dengan beragam manfaat. Iffah menjelaskan, empat daun sirih yang menggambarkan nasehat dan empat akhlak seorang muslim kepada saudaranya.

”Ada juga batik cap motif aman, terinspirasi dari bentuk canthing dan kepala canthing yang juga berbentuk sayap merupakan doa dan harapan bahwa dalam hidup yang sebentar ini, dengan canthing untuk menuliskan kebaikan demi kebaikan dibuku amal. simbol sayap adalah harapan,” ungkap Iffah.

Source https://www.radarjogja.co https://www.radarjogja.co/2019/01/15/tampil-etnic-dalam-balutan-batik-motif-aksara-jawa/
Comments
Loading...