Taiwan Kenalkan Produk Lewat Batik

0 22

Taiwan Kenalkan Produk Lewat Batik

TAIWAN External Trade and Development Council, di bawah pengawasan dari Bureau of Foreign Trade (BOFT) of the Ministry of Economic Affairs (MOEA) of Taiwan, kembali mengadakan Taiwan Excellence Mall Exhibition yang menampilkan produk-produk inovatif asal Taiwan di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bersamaan dengan ajang tersebut, turut digelar pula Taiwan Excellence Batik Design Competition untuk yang pertama kalinya dengan menggandeng desainer kenamaan Indonesia, Ivan Gunawan dan Danny Satriadi selaku dewan juri. 

Manager Taiwan Trade Center Jakarta Macy Chen mengatakan, ajang kompetisi desain batik Taiwan Excellence bertujuan memperkenalkan produk-produk inovatif Taiwan yang telah mendapat penghargaan Taiwan Excellence kepada masyarakat Indonesia. Produk-produk yang memenangi penghargaan Taiwan Excellence telah melalui proses mekanisme penyeleksian ketat, dan Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA) setiap tahunnya akan melakukan promosi atas produk-produk inovatif yang sudah meraih penghargaan Taiwan Excellence ke seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. 

Selain bertujuan memperluas pasar atas produk-produk peraih penghargaan ini, juga untuk membentuk citra inovatif industri Taiwan di mata internasional. “Salah satu cara mempromosikan produk Taiwan ke pasar Indonesia adalah dengan menggunakan batik yang merupakan warisan kebudayaan Indonesia. Selain untuk mempererat hubungan dagang antara kedua negara, yang nilainya mencapai angka 8 juta dolar AS pada tahun 2017 silam,” ujar Macy.

Kompetisi desain batik Taiwan Excellence merupakan ajang pencarian desain batik Taiwan Excellence yang terbaru, untuk menggantikan desain kreasi Ivan Gunawan yang selama ini digunakan oleh Taiwan Excellence. Setelah melakukan penyaringan dari ratusan kontestan yang telah mengirimkan desainnya, akhirnya terpilihlah sembilan desain untuk mengikuti sesi penjurian. 

“Batik selalu memiliki konsep dan filosofi di belakangnya sehingga sistem penjurian kami menggunakan sistem tanya jawab, untuk mencari tahu latar belakang pemilihan desain, motif, dan bahkan pemilihan warna,” ujar Ivan Gunawan. Setelah mengikuti sesi penjurian yang cukup ketat, akhirnya terpilihlah 3 orang pemenang yang desainnya dinilai mengandung unsur Indonesia, Taiwan maupun logo Taiwan Excellence , yaitu Nike Wijayanti (juara 1), Artika Sari (juara 2), dan Sirojul Muhnir (juara 3). 

“Melalui kompetisi ini terlihat bahwa Taiwan memiliki kepedulian dan memberikan penghargaan tinggi kepada warisan budaya Indonesia. Selain itu, batik dapat digunakan untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di Taiwan,” pungkas Ivan.

Source https://lifestyle.sindonews.com/ https://lifestyle.sindonews.com/read/1332766/186/taiwan-kenalkan-produk-lewat-batik-1535094649
Comments
Loading...