Tahapan Pembuatan Batik Benang Bintik

0 449

Tahapan Pembuatan Batik Benang Bintik

Membuat Batik Benang Bintik yang berkualitas dan memiliki nilai seni yang tinggi memang bukan pekerjaan yang mudah. Ditambah dengan peralatan yang masih digunakan oleh para pengrajin masih sangat tradisional. Sehingga mempengaruhi waktu pengerjaan setiap kainnya.

Bagi para pengrajin jumlah bukanlah sesuatu yang yang penting, melainkan kualitas dan nilai seni yang dibuatlah paling penting. Seperti halnya dalam pembuatan batik yang lain, proses pembuatan Batik Kalimantan Tengah juga melalui beberapa tahapan yang cukup rumit.

  • Tahapan yang pertama menyiapkan peralatan dan bahan baku berupa kain dobi, rayon kembang, sutra bermotif, sutra polos, pewarna, lilin, malam dan soda. Bahan-bahan baku ini biasanya didatangkan dari pulau Jawa.
  • Tahapan selanjutnya adalah pengecapan atau pemberian motif pada kain yang polos menggunakan canting. Dilanjutkan dengan pencoletan atau pemberian warna ke dalam motif yang sudah dibuat. Setelah itu, kain yang telah bermotif diberi warna dasar seperti warna prosen atau warna neptol, biasanya tahap ini disebut dengan penjegeran.
  • Tahap berikutnya adalah plorotan atau perebusan kain untuk membersihkan yang masih melekat pada motif kain. Setelah kain direbus, kemudian dicuci sampai bersih lalu dijemur.

Khusus untuk kain dengan warna prosen cukup diangin-angikan dengan waktu kurang lebih selama 12 jam sambil dibalik-balik agar warnanya tetap merata. Setelah kering, batik benang bintik siap dipasarkan. mulai dari bentuk kain sampai bentuk pakaian jadi seperti rok, sarung, selendang, kemeja, maupun daster.

Source Tahapan Pembuatan Batik Benang Bintik Proses Pembuatan Batik
Comments
Loading...