Sumber Batik Minahasa

0 310

Sumber Batik Minahasa

Minahasa memiliki kekayaan lain berupa kain batik tradisional yang diciptakan dalam berbagai motif, gambar dan tulisan kuno yang berakar pada nilai-nilai budaya dan tradisi yang berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat setempat. Batik Minahasa merupakan kain batik yang proses pembuatannya menggunakan cara pembatikan bukan dengan menggunakan batik print dibuat dengan menggunakan lilin atau malam dan memiliki motif ragam etnis Minahasa.

Etnis Minahasa mendiami wilayah teritorial mulai dari Bitung, Minahasa Utara, Manado, Minahasa Selatan, Tomohon, Minahasa Induk, dan Minahasa Tenggara. Semuanya merupakan wilayah tanah adat Minahasa yang menjadi bagian dari Sulawesi Utara. Motif Batik Minahasa sebagian besar dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya dan tradisi masyarakat Minahasa. Salah satu sumber untuk membuat Motif Batik Minahasa adalah Waruga.

Waruga merupakan makam leluhur bagi etnis Minahasa yang terbuat dari batu dimana bagian atas berbentuk segitiga dan bagian bawahnya berbentuk kotak dengan ruang ditengahnya. Pada bagian atas Waruga terdapat relief berupa sosok pria, relief ini lah yang menjadi motif pada Batik Minahasa. Motif batik relief pria ini disebut dengan Motif ‘Tonaas’. Dibagian bawah Waruga berupa kembang teratai posisi satu mengadap ke atas dan lainnya ke bawah secara selang seling berbaris rapi, relief yang mengambarkan kehidupan itu ada naik ada turun. Relief ini menjadi motif batik yang dinamakan Motif ‘Ma’sungkulan’. Selain dua motif diatas ada lagi motif lainnya seperti Tarawesan Paredey, Ma’suiyan, Wewengkalen dan lain-lain.

Source Sumber Batik Minahasa Batik
Comments
Loading...