Sumber Air dan Melati Dijadikan Motif Baru Batik Khas Klaten

0 202

Sumber Air dan Melati Dijadikan Motif Baru Batik Khas Klaten

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) akan menyiapkan motif batik khas Klaten. Motif batik ini mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Klaten seperti sumber air dan bunga melati. Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Ekonomi Bappeda Klaten Wahyu Hariadi mengemukakan, motif batik yang sedang digarap merupakan penyempurnaan dari motif sebelumnya. Nantinya motif baru lebih sederhana karena hanya mengutamakan unsur air dan bunga Melati.

Kata Sindu merupakan nama lain dari air sebagai sumber kehidupan. Sebagian wilayah Klaten yang diberkahi dengan sumber air yang melimpah. Hal ini terbukti dengan banyaknya umbul di Kecamatan Tulung, Polanharjo, Jatinom, Ngawen, dan Kebonarum. Sedangkan bunga melati berkaitan dengan cikal bakal penamaan Klaten yang diambil dari nama Kyai Melati.

Sebelumnya, motif batik yang digarap Bappeda menggabungkan produk-produk unggulan sebagai motif. Semisal tenun lurik, padi, gerabah, air, bunga melati, gunungan dan lainnya. Padi merupakan simbol Klaten daerah penyokong pangan nasional. Kemudian gambar air keluar dari kendi menggambarkan potensi air di Klaten dan kendi atau gerabah sebagai salah satu produk unggulan. Gambar gunungan menjadi lambang Klaten kota budaya yang terkenal dengan pedalangan dan obyek wisata candi.

Source http://sorot.co/ http://klaten.sorot.co/berita-3802-sumber-air-dan-melati-bakal-dijadikan-motif-baru-batik-khas-klaten.html
Comments
Loading...