Sumbar Kembangkan 200 Motif Batik

0 97

Sumbar Kembangkan 200 Motif Batik

Meningkatnya intensitas pada perdagangan antarnegara dan tingginya permintaan produk ekspor membuat para pelaku usaha dan perajin lokal di seluruh Indonesia untuk gencar bersaing di pasar global. Itu juga termasuk perajin yang fokus pada kain nusantara, yakni batik. Seperti yang diketahui, negara Indonesia memiliki kekayaan wastra nusantara yang sangat beragam. Untuk itu, sangat tepat bila kekayaan tersebut dikenalkan pada khalayak luas.

Berangkat dari itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan desain Batik Minang di Gedung Smesco, Jakarta. “Acara ini sekaligus bertujuan mengangkat batik Minang dan memberdayakan para perajin Batik Minang agar tetap eksis,” kata Ridonald selaku Sekertaris Dekranasda Provinsi Sumatera Barat di Jakarta.

Dia mengatakan bahwa Dekranasda Sumatera Barat telah mendatangkan para perajin batik asal Yogyakarta untuk dilatih membatik khas Minang. Totalnya, ada 200 Motif Batik Minang yang dikembangkan dan baru sekitar 7 motif yang terealisasi. Dalam peluncuran Batik Minang, pihaknya telah menggandeng 12 desainer Tanah Air yang tergabung dalam Indonesia Modest Fashion untuk mengaplikasian Motif Batik Minang.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/857009-sumbar-kembangkan-200-motif-batik-dengan-perajin-asal-yogya
Comments
Loading...