infobatik.id

Suguhkan Potensi Batik Magelangan Lewat Ajang Modeling

0 10

Suguhkan Potensi Batik Magelangan Lewat Ajang Modeling

Potensi kerajinan batik yang ada di Kota Magelang ditampilkan melalui kompetisi modeling yang berlangsung di Pendopo Pengabdian kompleks Kantor Wali Kota Magelang, Minggu (29/10/2017). Beragam busana bermotif batik, disuguhkan dalam ajang tersebut. Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina yang didapuk membuka acara, mengungkapkan bahwa lomba busana batik khas ini, digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, bekerja sama dengan Gardena Departement Store & Supermarket Magelang. Ia pun berharap, ajang semacam ini mampu menaikkan pamor batik khas.

Terlebih, batik merupakan warisan budaya Indonesia. “Di Kota Magelang sendiri, mulai para ASN (aparatur sipil negara) setiap hari Kamis dan Jumat wajib mengenakan batik lokal. Ini membuktikan kalau pemerintah serius mengangkat pamor batik khas, supaya ekonomi di tataran perajin batik pun terus berkembang,” ungkapnya. Para perajin batik di Kota Magelang sendiri, lanjut Windarti, saat ini sebagian besar masih menjadi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Diharapkan, dengan adanya pemajangan hasil produksi, akan memberi imbas positif bagi pergerakan perekonomian UMKM.

Kepala Disperindag Kota Magelang, Joko Budiyono menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya acara bertajuk Duta Batik Kota Magelang yang dikemas untuk berbagai tingkat usia tersebut, yakni guna memberikan edukasi tentang mengenakan pakaian batik tradisional.  Selain itu, juga memberi dampak positif bagi ratusan UMKM perajin batik di wilayah setempat. Semua peserta memakai Batik Magelangan, karena itu memang sebagai syaratnya. Sedangkan kriteria yang dinilai adalah motif, corak dan keluwesan dalam memperagakannya. Pada perlombaan yang baru kali pertama digelar di Kota Magelang tersebut, bukan sebagai ajang adu cantik atau adu potensi fisik, melainkan kreasi rancangan batik, yang sudah diakui Unesco menjadi sebuah budaya asli milik Indonesia.

Sementara itu, Store Manager Gardena Magelang, Sukardi mengatakan bahwa sebanyak 150 peserta terlebih dahulu mengikuti kompetisi model fase awal, yang digelar di Gardena Departement Store & Supermarket Magelang, Jalan A Yani, Kota Magelang, pada Jumat (27/10/2017) lalu. Selanjutnya, dari ratusan peserta itu, dikerucutkan lagi menjadi 48 peserta dan kembali dikompetisikan di Pendopo Pengabdian kompleks Kantor Walikota Magelang, Minggu (29/10/2017). Antusiasme peserta terhadap perlombaan tersebut, bisa dibilang cukup tinggi. Kompetisi sendiri, lanjutnya, digelar dalam tiga kategori, meliputi usia di bawah 7 tahun, 7-13 tahun dan 13-23 tahun, yang memperebutkan Piala Wali Kota Magelang.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2017/10/29/suguhkan-potensi-batik-magelangan-lewat-ajang-modeling
Comments
Loading...