Souvenir Batik Aceh Go Internasional

0 73

Souvenir Batik Aceh Go Internasional

Selain bermain sisi motif, keunikan Batik Aceh tampak dari komposisi letak motif yang membuat mata bergeming dan memunculkan keinginan untuk mengenakannya. Bila di batik asal Jawa bermotif hampir menghiasi seluruh kain, Batik Aceh hanya di bagian-bagian tertentu saja. Menurut asal Pekalongan ini, motif Batik Aceh tak kalah indah dengan batik-batik yang ada di Indonesia. Bahkan Batik Aceh mempunyai ciri khasnya tersendiri.“Keunikan motif Batik Aceh  juga tergantung dari daerah produksinya. Ada batik motif Gayo, Pinto Aceh, Rencong Awan Cane dan Pucok reubong,” kata Aulia, Pembatik Aceh yang kerap dipanggil Pak O’ol  di Rumoh Batik Aceh, Desa Manyang, Aceh Besar, akhir April 2015.

Batik asal Tana Rencong ini, katanya, didominasi warna-warna yang tegas dan meriah seperti, merah, hijau, kuning dan hitam. Selain sudah memeriahkan pasar lokal, Batik Aceh juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan beberapa pejabat yang berkunjung ke luar negeri tak segan membawa batik aceh sebagai oleh-oleh. Meski saat ini bahan baku batik masih didatangankan dari Jawa, namun dalam sebulan, Rumah Batik Aceh sudah memproduksi sebanyak 200 lembar batik tulis. Sedangkan bila ada pesanan, tak kurang dari 500 lembar batik harus disiapkan oleh Rumoh Batik Aceh.

Untuk memperoduksi Batik Aceh tersebut, saat ini Rumoh Batik Aceh sudah mampu mempekerjakan sekitar 25 pelukis atau pembatik  yang semuanya berasal dari daerah Aceh. Seperti dari Aceh Besar, Pidie, Tamiang, Gayo dan Kuta Cane.

Source https://habadaily.com/ https://habadaily.com/750/2626/Souvenir-Batik-Aceh-Go-Internasional.html
Comments
Loading...