Solo Batik Carnival 2018 Tampilkan Kostum dari 8 Provinsi

0 28

Solo Batik Carnival 2018 Tampilkan Kostum dari 8 Provinsi

Ratusan peserta ambil bagian dalam Solo Batik Carnival 2018 yang digelar di Solo, Sabtu 14 Juli 2018. Mereka menampilkan kostum karnaval bernuansa batik yang berasal dari delapan provinsi. Berbeda dengan acara serupa di tahun-tahun sebelumnya, Solo Batik Carnival kali ini tidak hanya diikuti oleh peserta asal Solo.

Penyelenggara juga mengundang perwakilan dari tujuh provinsi lain, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur hingga Papua. Ketua Yayasan SBC Lia Imelda menyebut bahwa tema utama dalam karnaval tahun ini adalah Ika Paramartha.

Artinya adalah bersatu dalam kebaikan. Itu sebabnya, mereka mengundang peserta dari berbagai daerah untuk menunjukkan semangat persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara dimulai dengan aksi penyanyi lawas Trie Utami yang melantunkan hits tahun 90-an. Di Sekitar Kita dan Zamrud Khatulistiwa. Suara khasnya masih terlihat apik menyanyikan lagu lawas yang masih sangat realistis untuk digemakan saat ini.

Setelah dibuka, pesta kostum pun dimulai. Sekitar 150 peserta yang dibagi dalam delapan defile mempertontonkan aksinya. Setiap kostum merujuk pada tema defile. Tema Lenggang Batavia diisi dengan kostum warna-warni yang menjadi ikon budaya Betawi, yakni ondel-ondel.

Beda lagi dengan Dayak Borneo yang dalam kostumnya mengeksplorasi rumah Minang. Kemudian Dayak Borneo mengkreasikan ikon di daerah tersebut adalah senjata khas Borneo. Beda lagi dengan Mapalili Mamiri yang mengeksplorasi kapal Pinisi dan juga dari Bali dengan kreasi leak dan pura.

Selanjutnya, mereka berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi hingga berakhir di Benteng Vastenburg yang berjarak sekitar 2 kilometer. SBC sudah menjadi agenda budaya tahunan Solo. Pemkot Solo berupaya agar SBC memuat pesan-pesan postiif yang bisa menginspirasi.

Sementara itu Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia, Dynand Fariz mengapresiasi dengan tema dari SBC. Melalui SBC edisi kali ini menyatukan beragam batik dari berbagai belahan Nusantara. Dengan demikian, kreasi dari kostum batiknya pun lebih variatif

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/ https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/07/17/solo-batik-carnival-kini-tampilkan-kostum-dari-8-provinsi
Comments
Loading...