Siswi SMP Di Ciamis Asyik Membatik Di Hari Batik Nasional

0 11

Siswi SMP Di Ciamis Asyik Membatik Di Hari Batik Nasional

Sejumlah pelajar SMP membatik bersama di studio batik SMP Negeri 1 Ciamis. Hari Batik Nasional dijadikan momen melestarikan batik terutama khas Ciamis.

Selain membatik bersama, seluruh siswa dan guru mengenakan batik. Pantauan, para siswa SMP ini terlihat serius dalam membatik, mulai mendesain atau menggambar motif batik sampai mencanting.

“Pertamanya suka menggambar, trus nyoba bikin gambar motif batik. Bikinnya gampang tapi susah. Terutama saat mencari inspirasi membuat motif batik. Membatik ini juga bisa melatih kesabaran,” ujar Hasna siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Ciamis saat ditemui sedang menggambar motif batik.

Siswi lainnya, Defalya Naina Suherman siswa kelas VIII mengaku yang paling sulit saat membatik adalah proses mencanting. Sebab, kalau malamnya terlalu panas akan meleleh menyebar di kainnya tidak merata.

“Tertarik aja melihat proses membatik jadi keterusan ikut membatik, seneng lihat terus jadi suka. Setelah bisa membatik mudah-mudahan kedepan bisa membuka usaha batik,” katanya. Sementara itu, Pembina batik yang juga guru seni rupa Aan Sukmana mengatakan membatik merupakan salah satu keunggulan di SMPN 1 Ciamis. Sehingga di tahun 2011 membatik dijadikan salah satu ekstrakulikuler.

“Alhamdulillah para siswa di sini sangat antusias dalam membatik. Banyak yang tertarik untuk ikut membatik,” ujar Aan.

Kata dia, beberapa karya batik para siswa sekolahnya sudah digunakan menjadi batik sekolah dan oleh salah satu instansi pemerintah. Bahkan digunakan oleh beberapa guru sekolah sebagai salah satu koleksi batik pribadi. Itu dilakukan untuk penghargaan terhadap karya para siswa.

Beberapa batik karya siswa SMP ini seperti Ciungwanara dengan khasnya motif ayam jago, ronggeng gunung, wayang golek dan maung panjalu. Yang juga dipadukan dengan motif tumbuhan paku dari gunung sawal.

“Harapannya, ke depan para siswa minimal gemar dan senang menggunakan batik, baik baju maupun aksesoris lain dengan motif barik. Setelah suka, mereka akan mencoba mendalami keterampilan batik,” jelasnya.

Dalam proses membatik cukup panjang memiliki kerumitan, sehingga para siswa bisa tertanam sikap keluetan, kesabaran dan tanggungjawab. Terutama bisa menghargai hasil karya batik.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4238235/siswi-smp-di-ciamis-asyik-membatik-di-hari-batik-nasional
Comments
Loading...